Home >  Berita >  Umum

RS Pirngadi Maksimalkan Pembenahan Capai Akreditasi

RS Pirngadi Maksimalkan Pembenahan Capai Akreditasi
Logo RS Pirngadi Medan/google.com
Senin, 26 September 2016 17:34 WIB
Penulis: Fatih Al Rizki

MEDAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Pirngadi Medan saat ini tengah mengejar untuk memaksimalkan pembenahan terhadap pelayanannya untuk mencapai penilaian akreditasi dari Tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Informasi yang diterima, pada 3-6 Oktober mendatang, petugas dari Tim KARS akan turun ke rumah sakit milik Pemko Medan itu dan selanjutnya akan memberikan penilaiannya apakah rumah sakit plat merah itu lulus atau tidak.

Menanggapi hal ini, Direktur RSUD dr Pirngadi Medan, dr Edwin Effendi, menyatakan keoptimisannya bahwa rumah sakit yang dipimpinnya bisa berhasil mendapatkan kelulusan Akreditasi Paripurna dari Tim KARS. Sebab, ujar Edwin, tujuan akreditasi ini untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit. "Karena, akreditasi ini berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien," ujar Edwin, Senin (26/9) di ruang kerjanya.

Edwin tidak menjelaskan berapa persentase kesiapan mereka dalam memersiapkan poin-poin kelengkapan seperti yang diminta Tim KARS beberapa waktu lalu. Hanya saja, mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan itu menyebutkan, pihaknya tengah memaksimalkan pembenahan untuk akreditasi. "(Sebelumnya, kita juga) ada pendampingan dari Kemenkes RI. Di samping memacu rumah sakit daerah bisa mencapai akreditasi," ungkapnya.

Ads
Akreditas ini, kata Edwin, sudah dilakukan sampai tahap penilaian formal oleh Tim KARS. "Sebelum tahap penilaian ini, ada juga survei simulasi dan bimbingan teknis. (Sekarang) kita (menunggu tahap) untuk penilaian,' jelas Edwin kembali.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Pemerintahan, Gonews Group, Medan
www www