Home >  Berita >  Umum

Eldin Perintahkan Syahnan Air di Jalan Titi Pahlawan

Eldin Perintahkan Syahnan Air di Jalan Titi Pahlawan
Wali Kota Medan TDzulmi Eldin meninjau genangan air di Jalan Titi Pahlawan Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan.
Senin, 26 September 2016 23:57 WIB
Penulis: Adi Wasgo
MEDAN - Lambannya Dinas PU Bina Marga Sumut memperbaiki jalan dan drainase di Jalan Titi Pahlawan Kelurahan Pekan Labuhan Kecamatan Medan Labuhan persisnya di depan kantor Polisi Medan Labuhan membuat gerah masyarakat sekitarnya. Pasalnya, sudah beberapa tahun belakangan ini kondisi jalan dan drainase tidak diperbaiki, sehingga jika hujan turun air menggenangi jalan tersebut bagaikan kolam.Wali Kota Medan Dzulmi Eldin S, tadi sore meninjau lokasi yang dikeluhkan warga itu, Senin (26/9), dan memerintahkan Kadis PU Bina Marga Medan Khairul Syahnan untuk menyedot genangan air agar para pengguna jalan yang melintasinya tak terganggu.

Eldin sangat prihatin dengan kondisi Jalan Titi Pahlawan tersebut. Sudah bertahun-tahun jalan itu rusak namun belum juga dilakukan perbaikan. Meski berada di wilayah Kota Medan, tapi Jalan Titi Pahlawan milik Provinsi Sumatera Utara sehingga Pemko Medan tak bisa melakukan perbaikan karena akan terjadi tumpang-tindih anggaran.

Meski demikian Eldin tidak tinggal diam, sebab mayoritas  yang menggunakan jalan itu merupakan warga Kota Medan. Di samping itu keberadaan jalan ini sangat vital karena menghubungan Kecamatan Medan Marelan dengan Kecamatan Medan Labuhan. Sebagai salah satu solusi yang diambil, Eldin pun memerintahkan Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan  segera mengeringkan cekungan yang tergenang air tersebut.

Ads
Instruksi ini langsung ditindaklanjuti. Dalam beberapa hari belakangan ini, Dinas Bina Marga pun melakukan penyedotan air dengan menggunakan mesin pompa air. Air hasil sedotan ini selanjutnya dialirkan menuju Sungai Deli dengan menggunakan dua selang besar. Berhubung saat ini musim penghujan dan cuaca ekstrim, penyedotan yang dilakukan belum memberikan hasil maksimal.

Untuk mendukung penyedotan, Eldin juga minta Dinas Bina Marga melakukan pengorekan drainse agar air dapat mengalir.  Mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan itu berharap agar Dinas Bina Marga bekerja lebih esktra keras agar cekungan yang digenangi air  tersebut secepatnya kering. Sebab, Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara segera memperbaiki Jalan Titi Pahlawan, termasuk drainasenya.

“Mudah-mudahan penyedotan yang kita lakukan ini berhasil, semoga nanti malam sudah kering dan tidak ada hujan. Insya Allah pihak provinsi akan memulai perbaikan Jalan Titri Pahlawan ini mulai besok (hari ini), termasuk drainase dan pintu airnya. Sebab, semua pengerjaan ini dilakukan pihak provinsi dan kontrak pengerjaannya juga sudah ditandatangani,” kata Eldin.

Selanjutnya papar Eldin, usai pihak provinsi memperbaiki Jalan Titi Pahlawa beserta drainase dan pintu airnya, Pemko Medan melalui Dinas Bina Marga Kota Medan akan membuat sumur pompa. Apabila jalan tergenang ketika hujan deras turun, sumur pompa akan menyedot air dan mengalirkannya ke Sungai Deli sehingga Jalan Titi Pahlawan tidak tergenang air seperti yang  selama ini terjadi.

Disamping itu tambah Eldin lagi, pihaknya akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS)  untuk melakukan pengerukan Sungai Deli yang lokasinya berdekatan dengan Jalan Titi Pahlawan. Dengan pengorekan yang dilakukan diharapkan dapat membuat daya tampung Sungai Deli semakin lebih besar lagi.

Peninjauan ini dilakukan Eldin bersama Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan. Begitu tiba di lokasi, Eldin pun langsung mengecek cekungan yang digenangi air persis depan Kantor Polsek Medan Labuhan. Setelah itu Eldin  melintasi  cekungan yang digenangi air untuk melihat proses penyedotan, serta mengecek kondisi Sungai Deli.

Anggota DPRD Medan, Surianto bersama Kadispenda Kota Medan, HM Husni dan Kadis TRTB Kota Medan, Syampurno Pohan, Camat Medan Labuhan, Arrahman pane serta Camat Medan Marelan Parlindungan Nasution   ikut serta mendampingi Wali Kota dalam peninjauan tersebut. Usai melakukan peninjauan dan memberikans ejumlah arahan yang harus dilakukan, Eldin pun meninggalkan lokasi.

Sementara itu Kadis Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan mengatakan, pihaknya akan bekejra keras untuk mengeringkan cekungan yang digenangi air di Jalabn Titi Pahlawan. Hal itu dilakukan untuk mendukung pihak provinsi melalui Dinas Bina Marga Sumut secepatnya melakukan perbaikan jalan, termasuk drainase.

“Kita sudah menerima surat dari Dinas Bna Marga Sumut. Perbaikan Jalan Titi Pahlawan ini akan dikerjakan kontraktor PT Berkat Jaya Abadi. Ini buktinya,” kata Syahnan sambil menunjukkan surat dari Dinas Bina Marga Sumut yang ditujukan kepada  Pemko Medan melalui layar handphone android miliknya.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Pemerintahan, Politik, Gonews Group, Medan
www www