RENGAT - Suksesnya pelaksanaan apel akbar dalam rangka peringatan hari jadi ke-38 FKPPI (Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan dan Putra-Putri TNI/Polri Indonesia) se Propinsi Riau di Kabupaten Indragiri Hulu, mendapat apresiasi dari Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Lodewyk Pusung. "Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Inhu H Yopi Arianto. FKPPI patut memberi apresiasi kepadanya atas kontribusi dan atensinya yang telah memprakarsai kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Propinsi Riau ini," terang Lodewyk Pusung saat menyampaikan amanat pada pelaksanaan apel akbar FKPPI yang dipusatkan di Stadion Narasinga Rengat, Sabtu (24/9/2016).

Kehadiran Pangdam dalam kegiatan itu turut didampingi Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto, Kasrem 031/Wirabima Kolonel Czi I Nyoman Prawata, perwakilan FKPPI Pusat, Bupati Inhu H Yopi Arianto, Dandim dari beberapa kabupaten/kota di Riau, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Riau Yogi Getri serta Ketua Pengurus Daerah IV FKPPI Riau Jhon Amalis.

Pada kesempatan itu, Pangdam I Bukit Barisan mengimbau, agar seluruh anggota FKPPI mampu mengimplementasikan tekad organisasi serta tugas dan perannya dalam lingkungan masyarakat.

Menurut Pangdam, keberadaan organisasi FKPPI memiliki tanggungjawab besar untuk turut menjaga utuhnya Negara Kesatuaan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Karena dalam diri anggota FKPPI mengalir darah kepatriotan para pejuang Indonesia.

"Di darah kalian mengalir darah-darah kesatria, patriot dan pejuang. Setelah kalian kembali ke kota masing-masing, kalian harus menjadi bagian dari solusi, bukan menjadi bagian dari masalah. Saya sebagai orangtua, tidak ingin mendengar FKPPI tidak bisa diajak berkomunikasi dengan organisasi lainnya," tegas Mayjen TNI Lodewyk Pusung.

Lebih jauh dikatakannya, saat ini bahaya dan pengaruh narkoba telah menjadi ancaman besar bagi generasi muda bangsa ini. Untuk itu, ia mengingatkan kepada seluruh pelajar dan semua pihak untuk bersama-sama dalam berupaya memberantas dan memerangi narkoba, tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Pangdam I Bukit Barisan berkesempatan menyerahkan plakat bantuan program bedah rumah veteran pejuang dalam rangka program BUMN hadir untuk negeri yang merupakan kerjasama antara KOREM 031/Wirabima dan PT Pertamina Persero.

Sebelumnya, pada peringatan HUT FKPPI ke 38 itu, pelantikan Ketua dan pengurus FKPPI dari seluruh kabupaten/kota se propinsi Riau turut dilaksanakan. Sebanyak 12 ketua FKPPI kabupaten/kota se Riau secara resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Daerah IV FKPPI Riau Jhon Amalis.

Usai pelaksanaan apel, didampingi Kapolda Riau, Bupati Inhu H Yopi Arianto serta pejabat lainnya, Pangdam Mayjen TNI Lodewyk Pusung meninjau langsung pemusnahan puluhan senjata rakitan gobok, kegiatan pelayanan KB KES dan pengobatan gratis serta penanaman seribu pohon di sekitar areal stadion, tepatnya di Jalan Dwikora Rengat.

Turut hadir pada apel akbar tersebut, Wakil Bupati Inhu H Khairizal, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi, Kapolres Inhu AKBP Abbas Basuni SIK, para pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Inhu, sejumlah pimpinan dan perwakilan BUMN serta ratusan personil gabungan baik dari TNI, POLRI, Satpol PP, Dishub dan para pelajar. ***