BANDUNG - Aceh saat ini berada di posisi 21 Klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat. Sebelumnya Provinsi Aceh bertengger di posisi 25 dan menggeser posisi Kalimantan Tengah.

Raihan medali emas Aceh diperoleh dari Cabor angkat besi, yakni Nurul Akmal yang berhasil mengandaskan Lifter Jambi, Kinanty Saputri di kelas +75 Kg putri di Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/9/2016).

Nurul berhasil mengumpulkan nilai total angkatan mencapai 233 Kg. Disusul Kinanty dengan total angkatan 209 Kg dan medali perunggu menjadi milik Riska Oktaviani dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 204 Kg. Kemenangan Nurul Akmal sekaligus memecahkan rekor nasional (rekornas) di clean and jerk yang sebelumnya dipegang Rizka Anjani Yasin di PON XVIII Riau.

Sebelumnya, Aceh telah mendapatkan medali emas dari Surahmat di cabang yang sama di kelas +56 Kg perorangan putra pada 20 Sepetmber. Selain medali emas, Aceh juga telah mengumpulkan 3 medali perak dan 2 medali perunggu.

Kini Aceh meraih total medali 7 yang terdiri dari 2 emas, 3 perak dan 2 perunggu. Sementara diatas Aceh yakni NTB berhasil meraih 2 emas, 3 perak dan 5 perunggu dengan total 10 medali. Aceh masih berpeluang meraup medali dari beberapa cabor yang dipertandingkan hari ini, Sabtu (24/09/2016). ***