BANDA ACEH - Cabang olahraga angkat besi Aceh berhasil menambahkan medali emas kedua pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Jawa Barat. Kali ini giliran Nurul Akmal meraih juara satu atau mendali emas setelah mengalahkan Kinanty Saputri lifter asal Provinsi Jambi pada kelas +75 Kg putri di Gelora Sabilulungan Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/9/2016).

Keberhasilan Nurul setelah total angkatan mencapai 233 Kg. Disusul Kinanty dengan total angkatan 209 Kg dan medali perunggu menjadi milik Riska Oktaviani dari Kalimantan Barat dengan total angkatan 204 Kg.

Kebrhasilan Nurul Akmal ternyata bukan sekadar meraih mendali emas, sekaligus memecahkan rekor nasional (rekornas) di clean and jerk yang sebelumnya dipegang Rizka Anjani Yasin di PON XVIII Riau.

Sebelumnya, Aceh telah mendapatkan mendali emas dari Surahmat di cabang yang sama di kelas +56 Kg perorangan putra pada 20 Sepetmber. Selain mendali emas, Aceh juga telah mengumpulkan 3 mendali perak dan 2 mendali perunggu.