JAKARTA - Golf adalah salah satu pilihan sport tourism yang pas untuk menjaring wisman Singapore, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan. Olahraga memukul bola kecil itu sangat populer dan mahal di negara mereka. Turnamen Wonderful Indonesia Bintan Golf Challenge 2016 bisa menjadi daya pikat yang hebat melalui pintu Great Batam yang selama ini sudah didatangi 20% wisman.

Karena itu Menpar Arief Yahya cukup mengapresiasi para industri yang bersama-sama mensupport kegiatan golf yang dilangsungkan 25 September 2016 itu. Tiga tempat sekaligus yang dipakai adalah Laguna Bintan Golf Club, Ria Bintan Golf Club, dan Bintan Lagoon Golf. Tahun lalu size nya lebih besar, 9 lapangan golf di Batam dan Bintan, dengan peserta hampir 1000 orang, dan 60% nya menyeberang dari Singapore. 

"Rencananya tahun ini akan diikuti 350 Golfer di tiga lapangan golf yang ada di Bintan," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kemenpar, Rizki Handayani mendampingi Deputi Pemasaran Mancanegara I Gde Pitana. 

Kiki mengatakan, branding wonderful indonesia akan bertebaran di perhelatan yang akan mempertandingankan Men’s –Overall Champion (Gross), Men’s Division A (Gross),  Men’s Division B (Nett), Men’s Division C (Nett) dan Ladies Division (Nett).

Wanita jebolan ITB itu menambahkan, maksud diadakannya penyelenggaraan Tournament Golf  tersebut adalah untuk menunjang dan mensinergikan pengembangan sektor pariwisata dengan pengembangan olahraga golf di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Pulau Bintan. "Yang tentunya nanti akan menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bintan,” ujarnya. 

Kiki menjelaskan, salah satu daya tarik wisata yang menonjol di kawasan pariwisata Lagoi adalah tersedianya beberapa padang golf bertaraf internasional, bahkan beberapa holenya termasuk terbaik di kawasan Asia Tenggara. ”Lapangannya keren-keren, dan itu yang membuat mereka datang ke sini, kombinasi yang menarik dan sport tourism sangat seksi mendatangkan wisatawan,” ujarnya.

Seperti diketahui, Batam-Bintan yang sering disebut dengan istilah Great Batam, habis ludes diserbu wisawatan nusantara dan mancanegara jika sedang libur panjang di berbagai kesempatan. Kiki menambahkan, Batam dan Bintan memiliki banyak lapangan golf. Enam lapangan golf di Batam, yaitu Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Palm Spring Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf, Padang Sukajadi Golf serta tiga lapangan di Bintan, seperti Bintan Golf Club, Bintan Lagoon Golf Club, Laguna Bintan Golf Club juga tak pernah sepi.

Wisatawan asal Singapore banyak yang menghabiskan waktu di lapangan-lapangan golf berpanorama eksotis di tempat-tempat tadi. Bintan juga masih memiliki Indah Puri Golf, Tering Bay Golf, Tamarin Santana Golf, Southlinks Golf,  dan  Padang Sukajadi Golf serta tiga lapangan di Bintan. 

Kiki berharap kepada seluruh pelaku bisnis sport tourism di Bintan dan Batam terus meningkatkan kinerjanya. Kata Kiki, saat inilah masa yang tepat untuk berbisnis amenitas di objek wisata. Silakan, kembangkan terus industri pariwisata Indonesia, sementara Kemenpar akan terus mempromosikan Wonderful Indonesia ke mancanegara.

"Siapkan kalender event sebanyak-banyaknya yang bisa mendatangkan wisman. Promosikan di pasar yang tepat. Gunakan seluruh kekuatan untuk promosi, terutama digital. Khusus Batam Bintan, perbanyak event, sebulan minimal 2 kali, pakai music yang universal, dengan artis yang dikenal di Singapore, saya yakin great Batam atau Bintan bakal maju lebih cepat dan terus mendatangkan wisatawan,” kata wanita berkacamata itu. (*/dnl)