Home >  Berita >  Medan

Gelombang Tinggi Mengancam Perairan Aceh dan Nias

Gelombang Tinggi Mengancam Perairan Aceh dan Nias
Ilustrasi/google.com
Kamis, 22 September 2016 18:51 WIB
Penulis: Yusuf Ahmad

MEDAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim (Stamar) Belawan mengingatkan kepada pemilik kapal ataupun nelayan agar berhati-hati saat melintasi wilayah Aceh di Samudera Hindia Barat dan Kepulauan Nias di Samudera Hindia Barat.

Menurut prakirawan cuaca Stamar Belawan, Budi Santoso, tinggi gelombang laut di dua wilayah itu, bisa mencapai tiga meter.

"Di dua wilayah itu, gelombang air laut setinggi 1,5 meter hingga tiga meter. Untuk kondisi cuaca, bakal terjadi hujan ringan dengan kecepatan angin 2 sampai 15 knot," kata Budi dalam siaran pers yang diterima GoSumut.

Selain itu, kata Budi, ada empat wilayah perairan yang akan mengalami terjadinya gelombang laut setinggi dua meter. Adapun lokasinya, antara lain di Selat Malaka bagian Utara, perairan Sabang-Banda Aceh, perairan Barat Aceh, dan perairan Kepulaan Nias-Sibolga.

Ads
"Untuk kondisi cuacanya sendiri, sama seperti wilayah lainnya. Diperkirakan, bakal terjadi hujan dengan intensitas ringan," jelas Budi.

Untuk kecepatan angin, katanya, juga tak beda jauh dari wilayah lain. Hanya saja, di perairan Selat Malaka bagian Utara, kecepatan angin bisa mencapai 20 knot per jam.

"Angin di perairan Sumatera bagian Utara umumnya bertiup dari Barat Daya hingga Barat Laut. Kecepatan angin paling tinggi itu antara dua sampai 20 knot per jam," sebutnya.

Editor : Arif
Kategori : Medan, Nias, Peristiwa, Umum
www www