82 Aparat Desa dan BPD Barumun akan Ikuti Bimtek Bumdes Di Medan

82 Aparat Desa dan BPD Barumun akan Ikuti Bimtek Bumdes Di Medan
Sekcam Barumun Maruli Sangap
Kamis, 22 September 2016 17:02 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Sebanyak 82 orang yang meliputi unsur aparat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Barumun akan mengikuti Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Medan.

Dari seluruh peserta tercatat desa Janjilobi tidak mengirimkan aparat desa dan BPDnya utusan untuk mengikuti kegiatan Bimtek Bumdes itu, dikarenakan dana desa Janjilobi Tahun 2016 belum cair.

“Direncanakan nanti malam pukul 21.00 Wib aparat desa dan BPD itu akan berangkat menuju Medan dengan menggunakan Bus PT Barumun dan CV Batang Pane Baru,” kata Sekcam Barumun Maruli Sangap S Hsb kepada GoSumut Kamis (22/9/2016).

Dijelaskan, pengirim peserta tersebut didasari Surat Ketua Lembaga Pelatihan Pendampingan Pemberdayaan masyarakat dan Desa (LP3MD) nomor : 37/Plt Bumdes/LP3MD/VIII/2016 tentang pemberitahuan jadwal pelatihan manajemen Bumdes.

Ads
“kegiatan Bimtek Bumdes tersebut diselenggarakan di Hotel Garuda Plaza Medan selama 4 hari mulai Jumat sampai Senin (23-26/2016) dengan ketentuan seluruh peserta diharapkan sudah bisa chek in pada pukul 13.00 Wib, dengan membawa laptop masing-masing,”ungkapnya.

Maruli menilai Kegiatan Bimtek Bumdes itu sangat bagus, karena setelah Bimtek peserta diharapkan bisa membentuk Bumdes didesa masing-masing, karena Bumdes merupakan program yang secara langsung menyentuh masyarakat.

“Selama ini kita melihat para aparat desa hanya mengalokasikan dana desanya untuk pembangunan fisik seperti jalan rabat beton, sehingga ditahun 2017 yang akan datang seluruh desa di Kecamatan Barumun sudah terbentuk Bumdes,”terangnya.

Untuk diketahui bersama kata Maruli, ditahun 2016 Bumdes dikecamatan Barumun baru terbentuk di 3 (tiga) desa masing-masing Sitarolo Julu, Hasahatan Jae, dan desa handis Julu.

Editor : Arif
Kategori : Padang Lawas, Politik, Umum
www www