Home >  Berita >  Umum

Bumdes Harapan Makmur Mendapat Pembinaan dari Tenaga Ahli PED

Bumdes Harapan Makmur Mendapat Pembinaan dari Tenaga Ahli PED
Tenaga Ahli PED Palas Aidil Sukri bersama Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hsb dan pengurus Bumdes Palas mengadakan musyawarah.
Rabu, 21 September 2016 19:32 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan

PADANG LAWAS - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Harapan Makmur desa Hasahatan Jae Kecamatan Barumun mendapat pembinaan dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Ekonomi Desa (PED) Kabupaten Padang Lawas (Palas) Aidil Syukri, bersama Pendamping desa Kecamatan Barumun Firdaus Husin Daulay dan Pendamping lokal desa Abbas.

Kepala Desa Hasahatan Jae Abner Hsb didampingi Manager Bumdes Harapan Makmur mengatakan, dana desa sudah ditranfer ke kas Bumdes Harapan Makmur sebesar Rp 50 juta sebagai dana awal.

“Bumdes yang kita bentuk lebih mengutamakan untuk membantu kelompok tani, dengan mekanisme tidak memberikan uang tunai, tetapi pengurus Bumdes secara langsung menyediakan keperluan untuk bertani,” ungkap mereka kepada GoSumut, Rabu (21/9/2016).

Tenaga Ahli PED Aidil Makmur menjelaskan Bumdes yang kita bentuk didesa hasahatan jae ini diharapkan bisa mensejahterakan perekonomian masyarakat, sehingga modal Bumdes yang bersumber dari dana desa tahun 2016 benar-benar tepat sasaran,” kata Tenaga Ahli PED Aidil Sukri.

Ads
Dipaparkan, pada dasarnya prinsip-prinsip Bumdes itu kekuasaan tertinggi berada pada musyawarah desa, seluruh kekayaan Bumdes milik masyarakat setempat, pengembangannya sesuai potensi desa, menanamkan semangat kekeluargaan dan kegotong royongan, dan transparan akuntabel.

“Strategi pengembangannya harus mendorong berdirinya Bumdes yang sebanyak-banyknya, membina kerjasama antar Bumdes, memutus tali rantai masuknya produk asing kedesa, mensosialisasikan agar produk Bumdes lebih diutamakan dan memunculkan produk unggulan,” paparnya.

Selaku Tenaga Ahli PED, Aidil berkomitmen akan mengkawal Bumdes di Kabupaten Palas khususnya Bumdes di desa Hasahatan Jae, sehingga Bumdes tersebut bisa menjadi yang terbait se-Sumatera Utara.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Gonews Group, Padang Lawas
www www