JAKARTA - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memberi penghargaan Anugerah Pariwisata Halal Terbaik kepada 15 pemenang. Dari jumlah itu, wilayah Sumatera mendominasi penghargaan, dan Aceh mendapatkan tiga katagori. Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kemenpar, Riyanto Sofyan mengatakan, ingin membuat Indonesia menjadi destinasi pariwisata halal nomor satu di dunia pada tahun 2019. Untuk itu, pemerintahan mendukung tiap gerakan untuk mendorong pariwisata halal di Tanah Air.

"Indonesia sangat potensial menjadi destinasi wisata halal paling unggul di dunia. Karena memiliki konsep mendasar mengenai pariwisata halal, yaitu wisata yang ramah Muslim," ujar Riyanto dalam konferensi pers Pengumuman Pemenang Kompetisi Anugerah Pariwisata Halal Tingkat Nasional 2016 di Sofyan Betawi Hotel, Jakarta, Rabu, 21 September 2016.

Sebanyak 15 pemenang berasal dari 111 nominasi favorit, yang didapat dari suara terbanyak. Dan pemenang didominasi oleh Pulau Sumatera, yaitu Sumatera Barat (Sumbar) dan Aceh.

Aceh memenangkan tiga kategori, yaitu Airport Ramah Wisatawan Muslim Terbaik untuk Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Banda Aceh. Kedua, Destinasi Budaya Ramah Wisatawan Muslim Terbaik dan ketiga, Daya Tarik Wisata Terbaik untuk Masjid Raya Baiturrahman.

"Aceh pede (percaya dri) dengan pusat budaya halalnya. Dari situ, kita lihat dan kunjungi langsung sekaligus menilainya. Dan menurut voting, akhirnya memilih Aceh dengan menonjolkan kebudayaannya," kata dia.

Adapun Sumatera Barat memenangkan empat kategori. Pertama, Biro Perjalanan Wisata Halal Terbaik, Ero Tour. Kedua, Destinasi Wisata dan Kuliner Halal Terbaik.

"Untuk (kategori) Restoran Halal Terbaik, yaitu rumah makan Lamun Ombak yang berlokasi di Padang, Sumatera Barat," kata dia.

Sementara Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Rahmadani melalui GoAceh Rabu (21/09/2016), mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Aceh dan seluruh pihak yang mendukung.
 
"Alhamdulilah. Aceh berhasil sesuai harapan kita semua. Terima kasih atas dukungan teman2. Tq," tulis Rahmadani kepada GoAceh.