MEDAN - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Kota Medan ke-23, Pemereintah Kota Medan berkerjasama dengan Yayasan Surya Kebenaran  (YSKI) dan Kodim 0201/BS akan menyerahkan 1000 Akte Perkawinan kepada pasangan non muslim secara gratis. Pemberian akte ini diserahkan saat hari puncak Harganas pada Oktober yang akan datang dan kegiatan ini juga dirangkai dengan kgiatan HUT TNI.
Hal disampaikan Plh Sekda Medan Ikhwan Habibi Daulay saat memimpin  rapat eveluasi pelaksanaan pemberian Akte Pernikahan dengan target sebanayak 1000 pasangan non muslim dalam rangka Harganas dan HUT TNI, yang digelar Senin (19/9/2016) di Balai Kota Medan, dihadiri mewakili Dandim 0201/BS Pasiter Mayot Inf Budi, Kepala Badan pemberdayaan Perempuan dan KB Muslim Harahap, Kadis Dukcapil, para Koramil dan para Camat jajaran Pemko Medan.

Ikwan Habibi minta kepada Dinas Dukcapil, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan KB, Camat bersinergi dalam menjalankan program ini, lakukan koordinasi dan informasi agara target dapat dipenuhi mengingat waktu semakin dekat, selain itu pihak Koramil telah memberikan dukungan dan ikut terjun kelapangan agar program ini terwujud.

“Kita harus kertja keras dan cepat dimibntakan pada 30 September ini semua bewrfkas sudah selesai dan sudah ada di Badan Pemberdayaan Perempuan Dan KB, kepada Disdukcapil agar segera memberikan formulir kepada kecamatan yang ada, “ ujar Ikhwan Habibi.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Muslim Harahap mengatakan, program ini sudah berjalan sejak 21 Juli lalu, untuk setiap kecamatan masing-masing telah diberikan kuota sehinga nantinya dari 21 kecamatan sebanyak 1000 Akte Perkawinan yang dibuat, sedangkan biaya retribusi pembuatan akte perkawinan ini didanai oleh YSKI dan diberikan pada puncak Harganas Kota Medan pada Oktober mendatang yang dirangkai HUT TNI.