IDI - Satu unit kapal pukat langgar KM Jasa Doani bobot 38 GT milik Muhklis Nurdin (Tgk Adek) warga Gampong Seunubok Baroh, Kecamatan Darul Aman Aceh Timur dilaporkan tenggelam di kawasan perairan Jambo Aye, Aceh Utara, lebih kurang 60 mil lepas pantai Kuala Idi Aceh Timur, Minggu (18/9/2016)sekira pukul 11.00 WIB.

Tidak ada koaban jiwa dalam musibah tersebut. 17 ABK dapat diselamatkan oleh dua kapal nelayan KM Bina Keluarga dan KM Diwangga asal Kuala Idi. Kini semua ABK KM Jasa Doani masih berada di KM Diwangga sedang mengambil pukat kapal motor yang tenggelam itu.

“Informasi yang kita terima sekitar pukul 13.00 WIB, tenggelamnya KM Jasa Doani dikerenakan dihantam gelombang tinggi saat hendak menuju ke sebuah rumpon. Namun saat mereka hampir tenggelam, Nahkoda KM jasa Doani sempat kontak radio dengan KM Diwangga dan KM Bina Keluarga,” kata Panglima Laot Lhok Kuala Idi, Razali M. Ali, kepada GoAceh.

KM Diwangga dan KM Bina Keluarga saat musibah itu terjadi, dilaporkan berdekatan dengan KM Jasa Doani. “Sehingga ke 17 ABK KM Jasa Doani yang sempat mengapung dengan pelampung dan peralatan lainya langsung diselamatkan oleh dua kapal tersebut,” jelas Razali.

Pihaknya telah melaporkan ke semua instansi terkait yang ada di Aceh Timur, tekait kasus tenggelamnya kapal tersebut. “Kita mengimbau kepada seluruh para nelayan yang hendak melaut atau yang masih di laut untuk waspada terhadap cuaca laut yang berombak besar dan tidak bersahabat,” harap Razali M. Ali.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Aceh Timur, Ahmad, juga mengharapkan kepada pemilik kapal nelayan dan nahkoda untuk menyiapkan segala peralatan keselamatan saat melaut, seperti baju pelampung.

“Ini merupakan langkah antisipasi jika terjadi kecelakaan dilaut, sehingga ABK dapat mengapung sebelum datang bantuan,”demikian Kepala Dina Perikanan Aceh Timur Ahmad.