JAKARTA - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON XIX) Jawa Barat 2016. Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Widodo didampingi para menteri dan Gubernur seluruh Indonesia, mengenakan baju seragam biru muda dengan kombinasi ikat kepala khas Jawa Barat, Sabtu (17/09/2016) malam.

Kedatangan Presiden langsung disambut dengan pesta kembang api dan disambut sekitar 3.000 penari yang terlibat di acara pembukaan PON Jabar.

Sebelumnya, sejumlah artis ibu kota seperti band GiGI juga tampil memukau pengunjung. Artis yang terlibat di acara pembukaan PON XIX , juga ada Dira Sugandi, Armand Maulana, Dwiki Dharmawan, dan Andi /RIF.

Dan membuka barisan Devile adalah 19 atlet legendaris Indonesia. Empat atlet di antaranya peraih medali pada ajang Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Serta beberapa atlet seperti Taufik Hidayat, Ade Ray, Susi Susanti dan lainya.

Sekitar 8.403 atlet yang datang dari luar Provinsi Jawa Barat, mengikuti Devile termasuk Provinsi Riau, dan Kalimantan Utara menjadi provinsi termuda yang akan memulai debutnya di ajang PON, pada edisi kali ini.

Pada PON Jabar XIX/2016, terdapat 44 cabang olahraga dengan total nomor pertandingan, 366 pertandingan putra, 297 pertandingan putri, 36 pertandingan campuran dan 57 pertandingan terbuka di 68 Venue yang tersebar di 16 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, memperebutkan 756 medali emas, 756 medali perak, dan 954 medali perunggu dan, 12 cabang olahraga eksibisi. ***