Home >  Berita >  Umum

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Pohon di Medan Dipangkas

Antisipasi Cuaca Ekstrim, Pohon di Medan Dipangkas
Antisipasi cuaca ekstrim, pohon di Medan dipangkas
Kamis, 15 September 2016 10:43 WIB
Penulis: Adi Wasgo
MEDAN - Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menginstruksikan Dinas Pertamanan melakukan pemangkasan pohon di sejumlah titik di Kota Medan. Pemangkasan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan pohon tumbang maupun dahan patah akibat cuaca ekstrim yang menerpa Kota Medan belakangan ini.Selain di seputaran Stadion Teladan, pemangkasan juga dilakukan di Jalan Brigjen Katamso, Jalan Letjen Soeprapto, Jalan Ngumban Surbakti, Jalan Sisingamangaraja, Makam Pahlawan serta Jalan Sudirman Medan.  Untuk mendukung kelancaran pemangksana, Dinas Pertamanan menurunkan 1 unit mobil tangga, 1 unit backhoe serta sejumlah truk.

Di samping melakukan pemangkasan pohon, Dinas Pertamanan juga telah membentuk 2 posko di kawasan Stadion Teladan dan Lapangan Merdeka.  Posko ini buka 24 jam untuk melayani pengaduan warga terkait pohon tumbang maupun dahan patah. Kemudian bersama dengan Dinas Pertanian dan Kelautan Kota Medan mendata pohon yang dianggap sudah rapuh sehingga harus ditebang.

Bagi camat, lurah maupun warga yang membutuhkan bantuan untuk mengatasi pohon tumbang maupun dahan yang patah, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili  Kadis Pertamanan Kota Medan, Zulkifli Sitepu mengatakan telah menyediakan call centre yang bisa dihubungi di nomor  0811610850 dan 081260072.

Ads
“Begitu menerima laporan, kita langsung turunkan tim untuk mengatasi pohon tumbang maupun dahan patah.  Tim ini kita siagakan 24 jam penuh unjtuk menindaklanjuti perintah Pak Wali mengantisipasi cuaca ekstrim ini,” kata Zulkifli.

Saat ini papar Zulkifli, Dinas Pertaman bekerjasama dengan Distanla turun melakukan pengawasan terhadap pohon-pohon penghijauan di pinggir jalan. Apabila menemukan pohon sudah mati dan kering langsung ditebang, sedangkan dahan pohon yang dinilai sudah rapuh langsung dipangkas.

“Hal ini kita lakukan untuk mengantisipasi pohon tumbang maupun dahan patah sehingga menimbulkan korban.  Untuk itu selain melakukan perawatan, kita juga melakukan pengawasan terhadap seluruh pohon-pohon yang dikelola Dinas Pertamanan,” jelasnya.

Sementara itu Kadistanla Kota Medan, Akhyar yang ikut  bersama Kadis Pertamanan melakukan pemangkasan di Jalan Sudirman Medan mengatakan, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan di seputaran Jalan Sudirman terdapat 10 sampai 15 pohon yang harus ditebang karena kondisinya sudah rusak berat (tua dan keropos sehingga kekuatannya sudah berkurang).

Namun untuk memastikannya, Akhyar mengatakan pihaknya akan mengindentifikasi lebih jauh lagi dengan Dinas Pertamanan untuk mendapatkan jumlah pasti pohon yang harus ditebang. Sebab, penebangan pohon harus disertai penandatangangan berita acara.

“Selain di kawasan Jalan Sudirman, Distanla bersama Dinas Pertamanan akan mengindentifikasi seluruh pohon yang ada di Kota Medan untuk memastikan kondisinya masih baik atau tidak,” terang Akhyar.

Editor : Arif
Kategori : Umum, Pemerintahan, Gonews Group, Medan
www www