LHOKSUKON - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lhokseumawe kemarin, Selasa (13/9/2016) melaksanakan upacara peringatan HUT ke-71 TNI AL di Lapangan Mako Lanal Gampong Paloh Igeuh, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara.

Pada HUT kali ini, TNI AL mengangkat tema "Melalui Aktualisasi nilai nilai Trisila kita tingkatkan pecapaian tugas tugas TNI AL dalam mendukung pembangunan Nasional".

Upacara dihadiri sekitar 300 perserta, di antaranya Komandan Lanal Kol Marinir Nasrudin, Kasrem 011/Lilawangsa Letkol Inf Soffanudin, Bupati Aceh Utara Muhamad Thaib, Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setyawan

Kemudian, Kasdim 0103/Aceh Utara Mayor Czi Indra Puji Triwanto, Palaksa Lanal Letkol Laut (KH) Muhibuddin, Danki Paskhas Lettu Didik P, Kajari Lhoksukon Erizal, Kepala Bea Cukai Lhokseumawe M Manihuruk.

Dalam membaca Amanat KASAL, Danlanal Marinir Nasrudin menyebutkan, trisila TNI AL adalah disiplin, hirarki dan kehormatan militer semua adalah leluhur yang telah dijadikan pedoman dalam berpikir, tutur dan bertindak baik sebagai personel AL maupun sebagai dalam kehidupan masyarakat sehari hari.

Tugas tugas TNI AL dapat dilaksanakan baik oleh setiap individu atau secara kolektif, keberhasilan tugas yang dimandatkan langsung kepada kita adalah mendorong pembangunan Nasional terutama dalam mendukung kebijakan pemerintah Indonesia dalam pembangunan bangsa.

"Kita ketahui bersama dengan kemaritiman Indonesia saat ini memasuki babak baru dengan hadirnya pemerintah yang memiliki keinginan kuat menjadikan sebagai poros maritim dunia, gagasan ini tidak hanya ditunjukan kepada untuk ketahaan Nasional tapi juga ketahan regional global AL," ujar mantan Camat Juli, Bireuen ketika konflik Aceh dulu.