Lomba Karya Menulis Tingkat Pelajar dan Guru Dimulai

Perebutkan Piala Ketua Kadin dan Piala Ketua DPRD Samosir

Perebutkan Piala Ketua Kadin dan Piala Ketua DPRD Samosir
Ilustrasi
Selasa, 13 September 2016 20:39 WIB
Penulis: Jogi S
SAMOSIR -Dalam upaya menumbuhkembangkan kecintaan pelajar dan pengajar se-Kabupaten Samosir terhadap dunia tulisan dan dunia jurnalistik, Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Samosir mengelar Lomba Karya Menulis tingkat pelajar mulai dari SD, SMP, SMA dan Guru se Kabupaten Samosir.Lomba sendiri akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua DPRD Samosir, Rismawati Simarmata dan Piala Ketua Kadin Samosir, Frans Simbolon serta uang tunai jutaan rupiah.

Ketua Panitia, Rinaldi Naibaho menerangkan, tema lomba yakni Mewujudkan Pariwisata Samosir Berbasis Industri dan Perdagangan dengan sub thema, Pendidikan, Lingkungan Kesehatan, Sosial Ekonomi, Budaya dan Objek Pariwisata.

"Setelah sukses menggelar lomba belum lama ini, kini lomba menulis kembali bergulir dan pastinya jauh lebih seru dan besar. Untuk peserta dari kalangan pelajar, kategori karya tulis yang dilombakan seperti, Berita (News) dengan metode 5 W + 1 H serta Feature (Berita Khas). Sementara untuk guru,  kategori yang dilombakan  berupaka Karya Tulis Ilmiah," ujar Rinaldi, Selasa (13/9/2016).

Ads
Lebih lanjut, diterangkan Franzul, para peserta yang ikut merupakan pelajar atau siswa di Kabupaten Samosir dengan dibuktikan dengan kartu pelajar dan untuk guru dibuktikan dengan kartu bukti pengajar. Kemudian, bagi para peserta hanya diperbolehkan mengirimkan maksimal satu karya ke alamat email yakni, lombakaryatulis2016@gmail.com.

"Yang pasti, berbagai ketentuan harus diikuti karena kami juga melibatkan juri dari Organisasi PWI Sumut dan Asosiasi Jurnalis dari Kota Medan, sehingga semua penilaian akan terukur dan tidak ada intervensi dari pihak manapun," tambahnya.

Beberapa ketentuan yakni, karya tulis bersifat asli bukan ciplakan, karya tulis menggunakan bahasa Indonesia ragam jurnalistik, karya tulis belum pernah dipublikasi di media, karya tulis merupakan ide dan gagasan penulis yang dapat direalisasikan secara praktis, karya tulis ditulis dalam dua halaman folio (3.000 kata) untuk guru serta satu halaman folio (1500 kata) untuk siswa atau pelajar.

Naskah jurnalistik ditulis dalam tiga jenis yaitu berita (news), karangan khas (feature), dan karya ilmiah, berita (news) harus memenuhi unsur 5W+1H, piramida terbalik, dan standar kelayakan berita dan jika karya tulis tidak sesuai ketentuan-ketetuan di atas, panitia berhak menggugurkan peserta lomba.
Editor : Arif
Kategori : Pemerintahan, Umum, Gonews Group, Samosir
www www