MEDAN -Sebanyak 9.665 sapi dan kambing akan disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1437 H di Kota Medan, Senin (12/9/2016), diantaranya 7.790 ekor sapi dan 1.875 kambing. Dari jumlah tersebut, Pemko Medan memotong 75 hewan kurban dan akan disebar ke 21 kecamatan se Kota Medan. Hal ini disampaikan Kabag Humas Pemko Medan Budi Hariono ketika ditemui di sela-sela pemotongan hewan kurban di Kantor Wali Kota Medan. Disebutkannya, tahun ini Wali Kota Dzulmi Eldin berqurban 5 ekor sapi dan 70 ekor sapi lagi dari para pejabat di jajaran Pemko Medan.

"Wali Kota mengharapkan agar pelaksanaan kurban tahun ini berjalan dengan sebaik-baiknya. Selain itu, pembagian daging kurban ini harus diutamakan warga yang kurang mampu," kata Budi sesuai harapan Wali Kota.

Lebih lanjut Budi mengatakan, Wali Kota Medan usai salat Idul Adha di Lapangan Merdeka langsung meninjau pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Mesjid Al-Iman di Jalan Marelan Raya Pasar dua Barat Lingkungan 17 Kelurahan Rengas Pulau Medan Marelan. Sedangkan, Wakil Wali Kota Medan meninjau pemotongan hewan qurban di Mesjid Al-Iklas Jalan Aluminium tiga Tanjung Mulia Medan.

Di terpisah Perwiritan Perkumpulan Rukun Tetangga Amal Kemalangan (Pertak) Kelurahan Bantan Kecamatan Medan Tembung memotong 15 hewan qurban antara lain 13 ekor sapi dan dua ekor kambing.

Ketua Pertak Sulaiman Hasibuan  mengatakan, hewan qurban yang dipotong pada umumnya dari anggota Pertak yang berqurban. "Ada juga yang berkurban dari di luar Perwiritan Pertak.?