Home >  Berita >  Umum

Kantong Plastik Hitam Berbahaya Buat Pembungkus Daging Qurban

Kantong Plastik Hitam Berbahaya Buat Pembungkus Daging Qurban
Panitia kurban ketika membagi daging korban.(f/bayu denura)
Minggu, 11 September 2016 13:00 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Elzadaswarman, mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar pembagian daging qurban tidak menggunakan kantong plastik hitam seperti bagaimana biasanya kerap dilakukan. Ini dikarenakan kantong plastik tersebut berbahaya bagi kesehatan.
“Kantong plastik hitam mengandung zat karsinogen yang bisa tercampur dengan daging. Jika kita makan akan berbahaya bagi kesehatan, bahkan dapat memicu penyakit kanker. Maka dihimbau kepada seluruh panitia kurban agar jangan menggunakan plastik hitam, tapi gunakan plastik putih atau transparan,”ujar Elzadaswarman kepada GoSumbar diruang kerjanya, Kamis (8/9).
Lebih lanjut Elzadaswarman menuturkan, kantong plastik berwarna hitam merupakan produk daur ulang dari banyak kantong plastik lain yang sudah tidak terpakai. Bisa dikatakan kantong plastik berwarna hitam adalah produk kantong plastik yang paling rendah kualitasnya. Sehingga makanan yang ditaruh didalamnya dapat terkontaminasi zat-zat kimia yang terkandung dalam plastik tersebut.
Penggunaan kantong plastik berwarna lainnya untuk makanan sebenarnya  juga tidak dibenarkan. Tapi kadar zat pewarna atau karsinogen dalam plastik berwarna hitam lebih banyak. “Jadi sebaiknya, menggunakan plastik berwarna bening atau transparan untuk menaruh makanan,”ulas Z nama akrap Elzadaswarman.***
 
 
    
Ads
Kategori : Umum
www www