MEDAN -Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin menginstruksikan Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan (Kepling) untuk siaga banjir. Mengingat musim hujan telah berlangsung dengan diiringi cuaca yang cukup ekstrim. Di samping itu, kepada warga yang bermukim di pinggiran sungai diingatkan agar mewaspadai terjadinya banjir kiriman. Hal ini disampaikan Dzulmi Eldin di sela-sela gotong royong di Jalan Candi Kalasan, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (10/9/2016). “Dalam musim penghujan seperti sekarang ini, ditambahi dengan ada cuaca ekstrim semua pihak harus saling bekerja sama untuk mengantisipasi dan menangani terjadinya banjir,”ucapnya.

Eldin menuturkan, camat dan lurah harus mengetahui titik rawan genangan air di wilayahnya dan segera diatasi. “Bila tidak teratasi, segera lapor, biar kita langsung turunkan tim yang lengkap untuk mengatasinya,” ungkapnya.

Dia mengharapkan camat dan lurah serta kepala lingkungan sebagai garda terdepan benar-benar mengetahui kondisi wilayah, termasuk potensi masalah ada. Dengan adanya pengetahuan itu, bisa dilakukan langkah-langkah antisipatif.

“Jangan hanya diam menunggu. Kita harus proaktif. Dan ingat saya akan turun ke kecamatan dan kelurahan, kapan saja, baik pagi, siang, ataupun malam,” sebut Eldin.

Dalam kesempatan itu, Eldin juga mengungkapkan saat ini pekerjaan perbaikan drainase maupun jalan tengah berlangsung di berbagai titik lokasi. Dia mengharapkan kepada warga agar dapat menjaga hasil dari pembangunan tersebut. Misalnya, tidak membuat sampah di parit yang telah dibenahi.

“Ya terpenting, Pemko Medan akan tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kita berharap semua pihak bisa memahami dan bersabar karena semua membutuhkan waktu,” ungkapnya.

Di tempat sama, Kadis PU Bina Marga Kota Medan, Khairul Syahnan, menegaskan, pihaknya siap untuk mengantisipasi maupun mengatasi terjadi genangan air. Dia juga siap menurunkan timnya untuk menindaklanjuti laporan camat maupun lurah yang terbentur dalam menghadapi masalah titik genangan air di wilayahnya.

“Sesuai dengan arahan dari Wali Kota Medan, memang dibutuhkan koordinasi dan kerja sama antar instansi terkait untuk menuntaskan berbagai persoalan,” ucapnya.