JAKARTA - Laga uji coba Timnas Indonesia kontra Malaysia di stadion Manahan Solo berakhir. "Tim Garuda Indonesia berhasil mengganyang Malaysia" dengan skor telak 3-0.

Pada laga yang disaksikan hampir 17 ribu penonton di Stadion Manahan Solo (6/9/2016) malam, striker Boaz Solossa mencetak dua gol pada menit keenam dan 21. Satu gol lagi dicetak oleh Irfan Bachdim pada menit ke-11.

Hasil babak pertama ini agak di luar dugaan. Mengingat para pemain Indonesia relatif tak lama berlatih bersama. Sebaliknya, para pemain Malaysia sudah lama bersama menyongsong gelaran Piala AFF yang akan dimulai pada 19 November.

Sejak menit pertama, anak-anak asuh Alfred Riedl bermain ngotot. Dua gelandang serang Andik Vermansah dan Evan Dimas menjadi motor permainan cepat tim Garuda. Menit keenam peluang langsung didapat Indonesia di kotak penalti Malaysia.

Boaz yang berhasil mencuri bola memanfaatkan kesalahan pemain belakang Malaysia berhasil menusuk ke depan gawang Malaysia yang dijaga Khairil Fahmi. Tak lama mengontrol bola, pemain Persipura Jayapura itu melepas tendangan keras yang tak bisa diamankan kiper Malaysia. Puluhan ribu pendukung tim Garuda langsung bergemuruh menyambut gol pembuka Boaz.

Lima menit kemudian, Boaz yang menyandang ban kapten giliran melepaskan umpan matang kepada tandemnya Irfan. Umpan terobosan Boaz dapat dikonversi Irfan menjadi gol kedua untuk Indonesia.

Belum cukup dua gol, Fahmi kembali dibuat merana oleh lini depan Indonesia. Boaz mencatatkan namanya di papan skor untuk kali kedua pada menit ke-21. Menerima umpan dekat Zulham Zamrun, Boaz menendang keras dengan kaki kirinya dari jarak dekat tanpa bisa lagi diantisipasi Fahmi.

Dibabak kedua, kedua kesebalasan tampil terbuka dan saling menyerang. Namun beberapa peluang dari keduanya tidak membuahkan gol. Dibabak kedua ini, kedua tim juga merubah strategi, dimana pergantian pemain juga terjadi pada dua tim ini.

Hingga peluit panjang, Indonesia tetap unggul dengan skor 3-0 atas tamunya Malaysia. Indonesia sendiri cukup puas dengan kemenangan tersebut. Dimana Indonesia sudah memiliki modal kuat guna menghadapi tim berikutnya yakni Myanmar dan Filiphina. Sementara Malaysia dilaga berikutnya akan menghadapi Singapura dan Thailand

Uji coba ini sendiri merupakan persiapan bagi kedua tim yang akan berlaga di piala AFF di Filiphina. (***)