JAKARTA - Ide dari Pemerintah Kota Blitar Jawa Timur ini patut dicontoh daerah-daerah lain di Indonesia. Pada awal tahun 2017 mendatang, Pemerintah Kota Blitar, akan merealisasikan program sepeda gratis untuk siswa sekolah di kota tersebut.

Dimana pemberlakukan wajib ke sekolah dengan sepeda tersebut akan diberlakukan setiap hari Senin sampai Rabu.

Setelah sepeda-sepeda tersebut dibagikan, Pemkot akan memberlakukan larangan membawa sepeda motor bagi para siswa yang bersekolah di Blitar.

Pemkot sendiri rencananya juga akan membuat peraturan melalui Peraturan Wali Kota (Perwali) terkait rencana itu.

Dikutip dariĀ Bangsa Online, Wali Kota Blitar, Samanhudi Anwar menegaskan untuk menjamin peraturan tersebut benar-benar dipatuhi. Pihaknya juga berencana akan menerjunkan sejumlah personil dari Dinas Perhubungan maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kota Blitar di sejumlah titik.

"Ini tidak main-main, tiga kali berturut-turut ketahuan tidak memakai sepeda sesuai peraturan langsung saya keluarkan dari sekolah," tegas Saman.

Ia menjelaskan dengan adanya peraturan tersebut tidak ada toleransi untuk sisw yang berasal dari luar kota. Mereka harus membeli sendiri menggunakan sepeda ke sekolah sama dengan siswa yang merupakan warga Kota Blitar.

"Semua yang sekolah di Kota Blitar ya harus mengikuti peraturan kita," jelasnya.

Untuk kebutuhan pengadaan sepeda gratis, Pemkot Blitar mengajukan anggaran sebesar Rp24 Miliar di APBD perubahan 2016. APBD tersebut akan dibahas dan diperkirakan selesai sebelum bulan Desember.

Sehingga masing-masing peserta didik bisa menerima sepeda gratis pada Desember 2016, dan pemberlakuan aturan sekolah wajib menggunakan sepedah bisa diterapkan pada awal tahun 2017.

Samanhudi juga mengaku karena membutuhkan anggaran cukup besar pihaknya akan terus berkoordinasi dengan beberapa pihak termasuk legislatif, untuk merealisasikan program sepedah gratis. Samanhudi menambahkan setiap sepeda dianggarkan Rp 2 juta dengan total sekitar 12 ribu sepeda gratis. (***)