Pencalonan BG sebagai Kepala BIN, Ketua DPR: Semua Fraksi Punya Hubungan Baik Kemungkinan Akan Mulus Tanpa Hambatan

Pencalonan BG sebagai Kepala BIN, Ketua DPR: Semua Fraksi Punya Hubungan Baik Kemungkinan Akan Mulus Tanpa Hambatan
Komjen Pol Budi Gunawan saat berada di Komisi III DPR. (istimewa)
Jum'at, 02 September 2016 12:30 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Jajaran Pimpinan DPR akan menggelar rapat bersama pimpinan fraksi dan alat kelengkapan dewan (AKD) untuk membahas surat pergantian Kepala Badan Intelejen Negara pada Senin pekan depan. Ketua DPR Ade Komarudin memberi signal, pencalonan BG akan berjalan mulus.

Pasalnya kata Akom, hampir semua fraksi di DPR memiliki hubungan baik dengan BG. Hal tersebut disampaikan Ketua DPR Ade Komaruddin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jumat (2/09/2016) di Jakarta.

Sebagai mitra BIN, Komisi I DPR dipastikan akan ditunjuk yang akan melakukan fit and proper test Komjen Budi Gunawan, calon Kepala BIN yang akan menggantikan Letjen (Purn) Sutiyoso.

Meski uji kelayakan belum digelar, Ade Komaruddin meyakini Komisi Pertahanan dan Keamanan tersebut akan memuluskan langkah Wakil Kepala Polri tersebut.

Ads
"Setahu saya, kalau teman-teman DPR memiliki komunikasi yang baik dengan Pak BG itu saja. Semua fraksi punya hubungan baik dengan Pak BG. Jadi diperkirakan oleh saya ini akan berjalan dengan baik," tegas politikus Golkar yang akrab disapa Akom ini.

Sementara itu Wakil Ketua DPR Fadli Zon juga beranggapan sama. Dia menilai semua fraksi di DPR selama ini tidak pernah konflik dengan BG. "Selama ini baik-baik saja, saya kira tidak akan ada permasalahan. Dan saya pikir semua fraksi tidak ada yang menolak, tapi semua akan kita lihat saat fit and propertest," tandasnya. (***)
www www