MEDAN - Pengerjaan pipanisasi air limbah rumah tangga dengan target sebanyak 2.500 sambungan pada tahun ini, merupakan tantangan yang cukup besar. Apalagi, pengerjaan ini diprediksi akan dilakukan pada pertengahanSeptember hingga akhir Desember 2016. “Tantangan ini, cukup besar. Kita harap dengan pembekalan ini bisa (meraih) sukses dalam sosialisasi. Ini upaya pemerintah kota dalam meningkatkan derajat kesehatan,” ujar Direktur Air Limbah PDAM Tirtanadi, Heri Batanghari Nasution, dalam pembentukan tim pokja sosialisai air limbah di Aula PDAM Tirtanadi Medan, selasa (23/8/2016).

Heri menyebutkan, tim pokja ini terdiri dari petugas dari PDAM Tirtanadi Medan, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Medan, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Dinas Kesehatan Medan. “Tim sanitarian (dari Dinas Kesehatan Kota Medan) diharapkan perannya dalam (melakukan sosialisasi seperti) bagaimana hidup sehat, sanitasi yang layak. Kita harap pembekalan ini bisa sukses,” harapnya.

Staf Ahli PDAM Tirtanadi Medan, Kumala Siregar, mengungkapkan, 2.500 sambungan ini harus selesai hingga akhir tahun. “Tolong (kepada semua anggota pokja) berikan masukan mana yang belum berhasil atau sudah berhasil, (sehingga ini bisa menjadi masukan untuk melakukan pemicuan di lapangan,” singkatnya.