Home >  Berita >  Medan

Ciptakan Sanitasi dan Lingkungan Bersih 2.500 SR akan Dibangun di Medan

Ciptakan Sanitasi dan Lingkungan Bersih 2.500 SR akan Dibangun di Medan
Tim Pokja Sosialisasi Air Limbah melakukan rapat persiapan sosialisasi sebelum mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemasangan saluran air limbah rumah tangga, Selasa (23/8) di Aula PDAM Tirtanadi Medan Jalan Sisingamangaraja Medan
Selasa, 23 Agustus 2016 14:31 WIB
Penulis: Fatih Al Rizki
MEDAN - Guna menciptakan sanitasi bersih dan lingkungan sehat di perkotaan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman kembali akan membangun sebanyak 2.500 sambungan pipa pembuangan air limbah rumah tangga.Wakil Sekretaris Pokja Air Limbah, Romy Pranata menyebutkan, ada beberapa l okasi yang akan dibangun sistem pipanisasi ini, antara lain di Kelurahan Kota Matsum (Komat) I, II, III, dan IV, Kelurahan Durian, Kelurahan Sei Kera Hilir II, Kelurahan Pandau Hulu I, Kelurahan Persiapan Perintis, Sidorame Barat I, dan Sidorame Barat II.

“Tahun ini akan ada pembangunan sebanyak 2.500 sambungan rumah (SR) untuk warga Medan. Sekarang ini, kita lagi tahap akhir pembentukan kelompok-kelompok yang akan melakukan sosialisasi kepada warga sebelum pengerjaannya dilakukan,” ungkap Romy kepada GoSumut, di Aula PDAM Tirtanadi Medan, Selasa (23/8/2016).

Lebih lanjut Romy menjelaskan, untuk wilayah Komat I, II, III, dan IV, akan ada penyambungan pipa air limbah untuk 150 SR, Kelurahan Durian sebanyak 315 SR, Sei Kera Hilir II sebanyak 50 SR, Pandau Hulu I sebanyak 475 SR, Persiapan Perintis sebanyak 251 SR, Sidorame Barat I sebanyak 478 SR, dan Sidorame Barat II sebanyak 871 SR.

Rencananya, sambung Romy kembali, di Jalan Laksana yang meliputi Komat I, II, III, IV, dan Kompleks Kowilhan di Kelurahan perintis akan dibangun line sewer (jaringan pipa sekunder) untuk menampung air limbah rumah tangga sebelum dialirkan ke tempat pembuangan akhir yakni di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) PDAM Tirtanadi Cemara yang berada di Jalan Flamboyan, Kecamatan Medan Timur.

“Rencana sosialisasi ini akan dilakukan pada akhir Agustus hingga pertengahan September. Setelah selesai sosialisasi, baru dilakukan pemasangan oleh PT Wely Karya Nusantara (selaku pemenang proyek),” ungkapnya.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Medan, Gonews Group, Pemerintahan, Umum
www www