3 Orang Pembakar Hutan di Palas Ditangkap TNI

3 Orang Pembakar Hutan di Palas Ditangkap TNI
Ketiga warga yang mengaku melakukan pembakaran saat berada di Mapolres Tapsel untuk dilakukan pemeriksaan. (Istimewa)
Selasa, 23 Agustus 2016 14:27 WIB
Penulis: Reza
PADANG LAWAS - Belakangan ini, kejadian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) marak di wilayah Padang Lawas (Palas) dan Padang Lawas Utara (Paluta). Diduga kuat, penyebab kebakaran akibat adanya oknum yang sengaja melakukan pembakaran.Dandim 0212/TS Letkol Inf Septa Viandi melalui Dan Unit Inteldim Lettu Inf Zamril Tanjung, pada Sabtu (20/8/2016), pihaknya bersama dengan Danramil 08/Sibuhuan Kapten Inf Batubara dan beberapa anggota TNI, sengaja melakukan patroli dan pengintaian di lokasi rawan kebakaran, karena ada informasi hutan dibakar dengan sengaja di Desa Sialiali, Lubuk Barumun, Palas.

"Selanjutnya personil langsung melaksanakan pengintaian terhadap warga tersebut dan setelah sekian lama di intai ternyata pada pukul 10.00 WIB warga tersebut melakukan pembakaran  terhadap lahan  pohon Akasia yang telah ditumbang tersebut," terang dia, Selasa (23/8/2016).

Melihat itu, pihaknya langsung mengamankan tiga warga yang masing-masing diketahui bernama Emsir Nasution (46) warga Pagaran Dolok Kecamatan Sosa, Palas, Ahmad Johar Hasibuan (39) dan Marwan Hasibuan (28) keduanya warga Desa Pasir Jae, Sosa, Palas.

"Pada saat dilakukan penangkapan para pelaku pembakaran berusaha melakukan perlawanan, namun berhasil diatasi serta diamankan kemudian dibawa menuju Makodim 0212/TS di Padangsidimpuan untuk dimintai keterangan," terangnya.

Setelah diambil keterangan, kemudian ketiga tersangka beserta barang bukti diserahkan ke pihak Polres Tapsel guna ditindaklanjuti sesuai prosedur hukum.

Sementara itu, Kapolres Tapsel AKBP Rony Samtana membenarkan adanya penangkapan tersebut. Dan hingga kini, ketiga tersangka sudah berada di Mapolres Tapsel untuk dimintai keterangan dan diperiksa lebih lanjut.

"Benar, petugas TNI yang melakukan penangkapan dan ketiga tersangka sudah diserahkan kepada kita untuk ditindaklanjuti," pungkasnya.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Padang Lawas, Gonews Group, Hukrim, Umum
www www