Home >  Berita >  Medan

120 Rumah Terbakar di Belawan

120 Rumah Terbakar di Belawan
saat api semakin membesar untuk membakar 120 rumah warga di Belawan.
Minggu, 21 Agustus 2016 06:21 WIB
Penulis: Abyan
MEDAN - ‎Kebakaran hebat terjadi di kawasan Belawan, Sumatera Utara (Sumut). Dimana 120 rumah di Jalan Taman Makam Pahlawan Gudang Arang, Kelurahan Belawan I Link 29, Kecamatan Medan Belawan, musnah dilalap si jago merah.Kebakaran itu membuat warga sekitar panik, dengan peralatan seadanya mencoba memadamkan api yang semakin membesar. Banyaknya bahan yang mudah terbakar dan angin bertiup cukup kencang, membuat api semakin berkobar dan menjalar kerumah warga lainnya. Terlebih lokasi terjadian kebakaran di kawasan padat penduduk.

Menurut Komandan Tim Reaksi Cepat BPBD Kota Medan yang berada dilokasi kebakaran, M Yunus, kebakaran berasal dari salah satu rumah warga dan diduga akibat adanya konsleting listrik.

"Kebakaran terjadi sekitar jam 18.15 WIB bang. Api berasal dari salah satu rumah warga, diduga karena konsleting listrik," kata M Yunus kepada GoSumut, Sabtu (20/8/2016) malam.

Menurutnya, mobil pemadam kebakaran yang tiba di lokasi kejadian sempat kesulitan memadamkan api yang terus berkobar, terlebih akses jalan masuk kelokasi kebakaran sempit, sehingga mobil pemadam kebakaran tidak dapat masuk kedalam dan menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

"Ada 20 unit pemadam kebakaran yang tiba dilokasi kebakaran. Berdasarkan data sementara yang didapat, sedikitnya ada 120 unit rumah yang terbakar," terang Yunus.

Petugas pemadam kebakaran dibantu tim dari BPBD Medan dan warga terus berjibaku memadamkan api agar tidak semakin meluas. Setelah hampir tiga jam, akhirnya api dapat dijinakkan. "Hampir tiga jam api baru bisa dipadamkan. Saat ini petugas pemadam masih terus melakukan pendinginan," tandas M yunus.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan, Ahyar Nasution yang datang langsung kelokasi kejadian mengatakan, ?Pemko Medan melalui Kecamatan Medan Belawan akan melakukan pendataan terlebih dahulu terhadap korban kebakaran. Selanjutnya Ahyar menginstruksikan agar segera dibuat tenda penampungan sementara dan posko kebakaran.

"Pemko Medan akan membuat tenda sementara untuk menampung para korban kebakaran dan membuat posko. Selain itu kita juga akan membuat dapur umum dan penyediaan air bersih buat para korban kebakaran," kata Wakil Walikota Medan, Ahyar Nasution.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sedangkan Petugas Kepolisian dari Polres Pelabuhan Belawan yang datang kelokasi kejadian, langsung memasang garis Polisi dan melakukan olah TKP, untuk mengetahui penyebab pasti terjadinya kebakaran.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Medan, Peristiwa, Umum
www www