Di Bulohseuma Pohon Tumbuh Menyerupai Kubah Masjid

Di Bulohseuma Pohon Tumbuh Menyerupai Kubah Masjid
Pohon yang menyerupai kubah masjid Gampong Raket, Kemukiman Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan. [Al Fahd Radi Fahlefi]
Sabtu, 20 Agustus 2016 18:30 WIB
Penulis: Al Fahd Radi Fahlefi

TAPAKTUAN – Sebatang pohon tumbuh menyerupai kubah masjid Gampong Raket, Kemukiman Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan. Uniknya lagi, pohon ini tumbuh di sekitar Masjid Baitul Alim.

“Pohon seperti bunga bonsai ini, sudah tumbuh puluhan tahun. Daunnya yang lebat dan menjulang tinggi berbentuk kubah masjid. Pengunjung yang datang ke Bulohseuma tetap terpana melihat keunikan ini,” sebut Nasruddin kepada GoAceh beberapa waktu lalu.

Di bawah pohon yang dinamai Merbo (Gulugu) ini, kata Nasruddin, terdapat kuburan yang dilengkapi kubah. Di bagian kepala kuburan inilah, pohon yang diperkirakan berumur setengah abad ini tumbuh dan dedaunannya menyerupai kubah masjid.

“Pohon unik ini menjadi pusat perhatian masyarakat dan kini menjadi salah satu ikon Bulohseuma selain madu asli. Kini Bulohseuma tidak lagi sebagai kawasan terpencil. Bulohseuma sudah diterangi listrik dan pembangunan jalan pun sedang ditingkatkan,” imbuhnya.

Ads
Dari informasi tokoh masyarakat setempat, pohon berbentuk kubah masjid ini sudah tumbuh jauh sebelum mereka lahir. Di bawah pohon itu terdapat dua kuburan, salah satunya makam Teungku Baitani.

“Dari cerita orang-orang terdahulu dan turun temurun, pohon itu awalnya sebagai tanda tempat dimakamkan seorang ulama yang saleh, taat beribadah dan baik hati. Namanya Tgk Baitani. Lambat laun, pohon it uterus tumbuh membentuk kubah masjid,” kata Teuku Masrizar, kepada GoAceh, Sabtu (20/8/2016).

Yang jelas, tambah Teuku Masrizar, pohon unik berbentuk kubah masjid ini, masih tumbuh indah di samping Masjid Baitul Alim.

Editor : TAM
Kategori : Gonews Group, Umum
www www