Home >  Berita >  Medan
Perayaan HUT Kemerdekaan RI

Warga Medan Maimun Upacara di Dalam Sungai

Warga Medan Maimun Upacara di Dalam Sungai
Warga Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, yang tinggal di kawasan bantaran sungai, melaksanakan Upacara HUT RI di dalam sungai Deli. Rabu (17/8/2016). (Abyan)
Rabu, 17 Agustus 2016 11:59 WIB
Penulis: Abyan
MEDAN - Ternyata upacara HUT Kemerdekaan RI tidak hanya dapat dilaksanakan di lapangan, tapi juga dapat dilaksanakan di sungai. Seperti di Medan, Sumatera Utara (Sumut), puluhan warga Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun, yang tinggal di kawasan bantaran sungai, melaksanakan Upacara HUT RI di dalam sungai Deli. Walaupun harus basah kuyup karena terendam air, namun tidak menyurutkan para warga untuk tetap melaksanakan upacara HUT. Baik orang tua maupun anak-anak terlihat sangat antusias turun ke dalam sungai.

Salah seorang warga, Budi mengatakan, upacara dilaksanakan di dalam sungai karena warga terpanggil untuk menghargai jasa-jasa pahlawan Indonesia yang berjuang merebut kemerdekaan di tahun 1945.

“Upacara HUT RI dilaksanakan jam 09.00 WIB bang. Karena dikampung kami tidak ada lahan kosong yang luas, terpaksa Upacara kami laksanakan didalam sungai. Upacara ini untuk menghormati jasa-jasa Pahlawan kita yang sudah berjuang merebut Kemerdakaan Indonesia,” kata Budi, Rabu (17/08/2016).

Selain itu, upacara dilaksanakan di sungai bertujuan agar warga masyarakat dapat menjaga kelestarian sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Biar warga juga tau bang, agar tidak melakukan pencemaran disungai dengan membuang sampah sembarangan. Kalau sampah menumpuk kan dapat menjadi penyebab banjir karena air tidak mengalir,” jelas Budi lagi.

Meskipun tidak sesempurna pelaksanaan upacara HUT RI yang lazimnya dilaksanakan di lapangan, namun dengan segala keterbatasan warga tetap khidmat mengikuti prosesi upacara. Upacara ini sendiri mendapatkan pengawasan ekstra ketat dari warga sekitar guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Editor : Arif
Kategori : Medan, Gonews Group, Pemerintahan, Peristiwa, Umum
www www