MEDAN - Tujuh pelajar dari Kota Ichikawa, Jepang, melakukan magang ke sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Medan. Tujuan pelajar tersebut itu dalam rangka program pertukaran pelajar guna mempererat hubungan Kota Medan dengan Kota Ichikawa Jepang.

Sebelum terjun melakukan magang, pelajar asal negera mata hari terbit ini berkunjung ke Rumah Dinas Wali Kota Medan yang berada di Jalan Sudirman Nomor 35 Medan.

“Selamat datang ke Kota Medan ini, dan silahkan mempelajari kehidupan masyarakat Kota Medan dan silahkan dipelajari dan melihat–lihat objek wisatanya,“ kata Wali Kota Medan Dzulmi Eldin didampingi pengurus Asosiasi Medan-Ichikawa ZH Umeda dan Kapa Bagian Hubungan  Antar Daerah Kota Medan Drs Rivai Nasution, Selasa (16/8/2016).

Lebih lanjut Dzulmi mengatakan, pihaknya merasa bangga kegiatan program pertukaran pelajar terus dilakukan dengan tujuan bertukar informasi kedua negara, terutama dunia pariwisata dan pendidikan. "Kita hargai mereka yang mau menimbah ilmu di Kota Medan," ujar Eldin.

Sementara itu, Kabag Hubungan Antar Daerah Kota Medan, Rivai Nasution mengatakan, tujuh pelajar Ichikawa berada di Kota Medan mulai (15-24/8/2016), dan akan tinggal rumah orang tua asuh masing-masing.

Selain megang di sejumlah sekolah di Kota Medan, para pelajar ini juga melakukan berbagai kegiatan, yakni mengikuti upacara detik-detik proklamasi RI di Lapangan Merdeka, menyaksikan pawai pembangunan, city tour ke Masjid Raya, Istana Maimon, Rahmat Gallery, Parapat, Simalem, kunjungan ke SMAN 1 Medan, dan kunjungan ke Konsulat Jepang.

Sementara sekolah yang akan dijadikan sebagai pembelajaran tujuh pelajar itu adalah, Chiari Yoshioka, Keyan Yuan dan Koko Tanaka di SMAN 1 Medan, Yuki Hirose di SMA Syafiatul Amaliyah, Shiho Tsumura di SMAN  Sutomo 1 Medan, Masaki Fujimura di SMAN 3 Medan dan Rika Nagomo di SMA Harapan 1 Medan, ditambah 2 pendamping Mrs Yuki Tsunoda sebagai pimpinan delegasi dan Mr Tosiyuki Yosihara dari Asosiasi Sister city Ichikawa–Medan.