JAKARTA - Langkah satu-satunya wakil Indonesia di sektor ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari terhenti di perempat final Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Mereka harus mengakui ketangguhan pasangan Tiongkok, Yu Yang/Tang Yuanting dalam dua game 11- 21 dan 14-21, Senin (15/8/2016) malam WIB.

Melalui hasil ini, Yu/Tang yang menjadi unggulan kedua itu memperpanjang rekor kemenangan pertemuan mereka menjadi 6-2 atas wakil Indonesia yang merupakan unggulan ketiga dalam perhelatan ini. Kemenangan terakhir, pasangan Tiongkok ini terjadi di Sudirman Cup pertengahan Mei lalu.

Ketika laga yang berlangsung di Riocentro - Pavilion 4 itu, sejatinya Greysia/Nitya membuka peluang memenangkan laga dengan memimpin empat poin dengan skor 5-1 di awal laga.

Namun lawannya yang merupakan pasangan ranking dua dunia itu perlahan menyamakan keadaan menjadi 9-9. Angka pun terus bertambah bagi pasangan China itu meninggalkan pemain pelatnas Cipayung tersebut sehingga berbalik tertinggal dengan skor 9-15 dan akhirnya Yu/Tang menutup game pertama dengan skor 21-11.

Pada game kedua lagi-lagi Greysia/Nitya memberikan harapan yang kerap memimpin di awal laga. Namun, Yu/Tang berhasil menyusul dan unggul 5-10.

Peraih emas Asian Games Incheon 2014 mencoba melakukan perlawanan dan berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 10-13. Tetapi, Yu/Tang yang menjadi jawara India Open 2014 itu terus menekan san mengakhirinya 21-14.

Pada pertandingan perempat final ganda putri lainnya, pasangan Denmark Cristinna Pedersen/Kamilla Rytter berhasil mengalahkan pasangan Korea Selatan Chang Ye Na/Lee So Hee dalam tiga game 28-26, 18-21 dan 21-15. Wakil Denmark akan berhadapan dengan Yu Yang/Tang Yuanting di semifinal.

Di partai semifinal lainnya, unggulan satu asal Jepang Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi akan berhadapan dengan wakil Korea Selatan yang merupakan unggulan keempat, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan. (***)