JAKARTA - Rencana gerakan nasional penguatan DPD RI pada 30 Agustus 2016 nanti mendapat tanggapan pro dan kontra dari sejumlah Anggota DPD RI sendiri. Namun bagi Anggota DPD RI dapil Riau, Maimanah Umar, gerakan tersebut perlu didukung dan dianggap mendesak.

"Masalah penguatan DPD ini sudah menjadi keharusan, kita juga menyangkan dalam pidato Ketua MPR di Rapat Paripurna belum disinggung. DPD ini secara garis besar adalah wakil daerah, dimana seluruh kebijakannya masih sangat terbatas," ujar Maimanah Umar kepada GoNews.co, Selasa (16/08/2016) di Gedung DPD RI Jakarta.

Menurutnya, dalam parlemen ini ada tiga kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Ketiganya adalah DPR, MPR dan DPD.

"Jadi tidak boleh salah satunya kuat, namun satu nya lagi lemah, oleh sebab itu penguatan terhadap DPD ini mutlak harus dilakukan. Karena hampir semua kebijakan tentang daerah selama ini kita tidak bisa turut serta secara langsung," tukasnya.

Sementara mengenai rencana gerakan yang akan dilakukan, menurut Maimanah Umar perlu didukung sampai ke daearah-daerah.

"Rencana teman-teman DPD bisa saja dan boleh-boleh saja asal tidak anarkis. Dan tujuanya adalah menyadarkan masyarakat bahwa selama ini kita terkendala dalam mengambil kebijakan di Parlemen.

"Kami dari Riau ber empat orang akan minta dukungan pemerintah daerah dan masyarakat secara keseluruhan soal penguatan ini," pungkasnya. (***)