JAKARTA - Pemain tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto dan pasangan Hendra Setiawan dan Muhamad Ahsan dipastikan bakal mampu mengalahkan lawan-lawannya dalam pertandingan babak kualifikasi cabang bulutangkis Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil, Jumat (12/8/2016).

Di babak penyisihan tunggal putra Grup J di Stadion Riocentro Pavillion 4 Rio de Janeiro Brazil, Tommy yang juga putra mantan juara dunia Icuk Sugiarto akan berhadapan dengan pebulutangkis Amerika Serikat, Howard Shu.

"Dari segi permainan Tommy jauh lebih baik, saya yakin Tommy akan mampu mengatasi Howar Shu," kata Direktur Performa Tinggi (HPD) Permainan Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima), Mimi Irawan di Jakarta, kemarin.

Kayakinan yang sama diungkapkan Mimi terhadap kemampuan pasangan ganda putra Hendra/Ahsan yang akan menghadapi pertandingan kedua babak penyisihan Grup D akan berhadapan dengan pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenici Hayakawa.

Pada pertandingan perdana, Kamis (11/8/2016) malam, Hendra/Ahsan mengalahkan Mannu Attri/Reddy B Sumeeth (India) dengan skor 2-0 ( 21-18 dan 21-13).

"Hendra/Ahsan sangat mengenal permainan Hiroyuki/Kenici karena sudah sering bertemu di event super series. Dalam pertemuan itu, Hendra/Hasan masih lebih unggul," katanya.

Menurut Mimi, Hendra/Ahsan yang memiliki teknik yang baik dalam penempatan shuttlecock harus bermain lepas. "Jangan mengulang kesalahan saat menghadapi pasangan India dimana Hendra/Ahsan bermain terburu-buru sehingga membuat beberapa kesalahan. Akurasi pukulan harus diperhitungkan dan tidak boleh lengah," katanya.

Di Ganda Campuran, pasangan Praven Jordan/ Debby Susanto akan menghadapi Michael Fuchs/Birgit Michels (Jerman) pada pertandingan kedua babak penyisihan Grup A. Sebelumnya, Praveen/Debby mengalahkan Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah (Taipeh) dengan skor 2-1 (21-12, 19-21 dan 21-15).

Kemudian, Tantowi Ahmad/Lilyana Natsir akan bertemu Bodin Isara/Savitree Amitrapaj (Thailand) di Grup C. Sebelumnya, Tantowi/Lilyana mengalahkan Robin Middleton/Leane Choo (Australia) dengan skor 2-0 (21- 7 dan 21-8).

Di Ganda Putri Grup C, pasangan Nitya Krishinda/Gresya Polii akan menghadapi Vs H Oliver/L Smith (Inggris). Sebelumnya, mereka menaklukkan Poon Look Yan/ Tse Ying Suet (Hongkong) dengan skor 2-0 (21-9 dan 21-11). (***)