Demi Hidup Sehat, DPR Dukung Harga Rokok Rp50 Ribu Per Bungkusnya

Demi Hidup Sehat, DPR Dukung Harga Rokok Rp50 Ribu Per Bungkusnya
Ilustrasi. (GoNews.co)
Kamis, 11 Agustus 2016 14:07 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mendukung Kebijakan Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Manusia Universitas Indonesia (UI) yang menggulirkan wacana kenaikan harga jual rokok Rp50 ribu per bungkus.

Menurut Fadli, upaya tersebut digalang untuk mengurangi generasi perokok selanjutnya. Bahkan hal tersebut menjadi upaya menjaga kesehatan dan bentuk iklan hidup sehat.

"Kita sangat mendukung segala upaya yg bisa mengurangi terutama generasi muda yang perokok meski itu hak setiap orang. Saya kira itu bagian usaha kesehatan termasuk iklan," ujar Fadli di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (11/8/2016).

Tetapi terkait harga rokok kata Fadli merupakan kewenangan pihak industri. Sebab hal tersebut berkaitan dengan urusan suplay dan demand masalah rokok.

Ads
Fadli pun mempertanyakan kewenangan pemerintah untuk menaikan harga rokok. Apakah pemerintah mempunyai hak untuk menaikan harga rokok?.

"Apakah pemerintah punya hak menaikkan harga rokok, saya tidak tahu. Kalau menaikkan cukai rokok bisa saja. Kalau menaikkan harga rokok itu urusan industri dan konsumen. Saya tidak tahu apakah pemerintah bisa ikut campur dalam soal itu," tandasnya. (***)
www www