WASPADA! Selebaran Provokatif Berbau SARA Beredar di Tapsel

WASPADA! Selebaran Provokatif Berbau SARA Beredar di Tapsel
Selembaran yang diduga berbau sara.
Sabtu, 06 Agustus 2016 15:32 WIB
Penulis: Reza
TAPANULI SELATAN - Selebaran dalam bentuk kopian ditemukan warga di Kampung Garonggang, Desa Marisi, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Dalam selebaran dengan tiga rangkap itu, berisikan tulisan-tulisan yang membandingkan antara ajaran agama satu dengan agama lainnya.Lukman Hakim Harahap (39) warga Kampung Garonggang mengatakan, ia mendapat selebaran yang terbungkus plastik itu berawal dari temuan warga sekitar yang diberikan kepadanya. Setelah dibacanya, ia menduga kuat, selebaran yang berisikan ajakan untuk meninggalkan satu agama itu dibuat dan disebarkan oleh oknum atau pihak yang ingin membuat situasi sosial di tempatnya menjadi tidak kondusif.

"Isi tulisannya sangat provokatif dan mengandung unsur SARA. Makanya harus diantisipasi oleh pihak yang berwenang. Apalagi untuk wilayah Tapsel sangat dikenal dengan kerukunan dan toleransi beragamanya," ujarnya sambil menunjukkan isi selebaran, Sabtu (6/8/2016).

Dijelaskannya, selebaran tersebut diketahui telah banyak beredar. Pasalnya, selain selebaran yang dibawanya, ia juga mendapatkan selebaran serupa. Namun sudah dalam kondisi robek.

"Saya yakin banyak yang sudah menyebar, selain ini ada juga selebaran yang sama berserakan di jalan dan dikoyak warga," tukasnya dan mengaku selebaran itu terbungkus plastik putih berisikan 3 kopian dengan tulisan berbeda.

Ads
Ia juga mengkhawatirkan, dengan menyebarnya selebaran itu, bisa memicu kerawanan situasi sosial. Dan meminta kepada pihak terkait seperti Pemkab, Polisi, TNI, FKUB untuk menindaklanjutinya guna mengantisipasi hal serupa yang sudah terjadi di daerah lain.

"Kita minta pihak terkiat untuk menindaklanjuti adanya temuan selebaran ini, jangan didiamkan. Dan kepada warga tetap jaga kekondusifan," pungkasnya dan meminta agar penyebar selebaran itu dapat ditemukan.
Editor : Arif
Kategori : Tapanuli Selatan, Gonews Group, Umum, Peristiwa
www www