Home >  Berita >  Umum

Pemkab Palas Anggarkan Rp3 M Perbaikan Jalan Pinarik

Pemkab Palas Anggarkan Rp3 M Perbaikan Jalan Pinarik
Ilustrasi jalan rusak.
Rabu, 03 Agustus 2016 09:29 WIB
Penulis: Sufriady Halomoan
PADANG LAWAS - Tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melalui Dinas PU Pertamben Palas mengalokasikan anggaran Rp3 miliar untuk perbaikan Jalan Sosa menuju Pinarik Kecamatan Batang Lubu Sutam. Perbaikan jalan itu menyusul jalan menuju Pinarik, Ibu Kota Kecamatan Batang Lubu Sutam, sedang dalam kondisi memprihatinkan."Anggaran untuk perbaikan sudah ada senilai Rp3 M, yang saat ini masih dalam tahap rencana pelelangan di Dinas Pekerjaan Umum Pertambangan dan Energi," kata Kepala Dinas PU dan Pertamben Palas Ulil Fadil Nasution kepada GoSumut, Rabu (3/8/2016).

Tidak hanya untuk jalan kata Ulil, pengerjaan Jembatan Aek Sosa yang juga menjadi penghubung di jalan ini, ikut mendapat anggaran untuk pembuatan oprit. Sebab, seperti terlihat jembatan sudah selesai, namun belum bisa digunakan karena belum ada oprit atau jalan menuju jembatan tersebut.

Lebih lanjut Ulil mengungkapkan, pihaknya secara perlahan-lahan juga akan memperbaiki jalan. Tentu sesuai kemampuan daerah. "Anggaran kita terbatas. Jadi, harus bertahap," terangnya.

Dari hasil pantauan, kondisi jalan menuju Pinarik boleh dikatakan cukup parah. Bahkan, di beberapa titik, terasa bebatuan seperti bebatuan yang terserak di pinggir sungai. Dan di beberapa titik lain, jalan ke arah Pinarik ini juga berlumpur dan susah dilalui kendaraan. Di antaranya, jalan setelah melewati Jjembatan Aek Sosa.

Salah satu Warga Pinarik, Umar Pasaribu berharap, untuk perbaikan ke depan, kualitas proyek pengaspalan jalan harus lebih baik. Tidak seperti selama ini, aspal jalan hanya bertahan sebentar dan rusak lagi. "Sebenarnya beberapa tahun lalu ada juga perbaikan. Tapi tak lama, sudah rusak lagi," kata Umar.

Untuk diketahui, jalan menuju Pinarik merupakan status jalan kabupaten. Tentu menjadi tanggung jawab diperbaiki Pemerintah Kabupaten Palas. Dari total 800 KM, hanya 43 persen belum beraspal. Kemudian tahun lalu, Pemkab Palas juga sudah melakukan pembangunan Jembatan Aek Sosa untuk akses ke daerah ini dengan pagu Rp 7,5 miliar.

Ads
Editor : Arif
Kategori : Umum, Peristiwa, Pemerintahan, Gonews Group, Padang Lawas
www www