MEDAN - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8/2016) mendatang, sejumlah pedagang bendera musiman mulai ramai bermunculan  disepanjang jalan kota Medan. Pantauan GoSumut, Senin (1/7/2016), di beberapa jalan protokol di Medan, seperti di Jalan Sudirman dan Krakatau Medan terlihat pedagang musiman mulai memajangkan Bendera Merah Putih serta umbul-umbul khas perayaan HUT RI dalam berbagai ukuran. Pemandangan serupa juga terlihat di Jalan Cemara, pernak-pernik HUT RI juga terpanjang indah di Jalan tersebut.
 
Seorang pedagang, Hidayat mengatakan, penjualan pernak-pernik HUT kemerdekaan ini hanya dijual pedagang musiman di bulan Agustus.
 
“Biasanya kalau sudah memasuki bulan Agustus, sudah ramai pedagang berjualan. Apalagi sudah mendekati hari H, biasaya pemesanan dari masyarakat maupun instansi meningkat ,” kata Hidayat.
 
Sedangkan untuk harga yang di jual bervariasi, mulai dari bendera ujuran kecil seharga Rp10 ribu hingga Rp150 ribu. "Sedangkan untuk harga umbul-umbul yang paling mahal Rp 250 ribu sampai Rp 500 ribu tergantung kualitas bahan dasarnya," ujarnya.

Namun demikian, menurut dia, untuk saat ini penjualan masih sepi. Biasanya penjualan baru akan meningkat pesat sekitar sepekan menjelang 17 Agustus. "Kalau saat ini paling-paling yang terjual hanya dua sampai lima potong bendera per hari, itu pun bendera yang biasanya untuk dipasang di depan rumah, sedangkan untuk yang lainnya belum banyak pembeli," katanya.