Prihatin atas Kerusuhan di Tanjung Balai, Fadli Zon: Masalah Ini Harus Ditangani Serius

Prihatin atas Kerusuhan di Tanjung Balai, Fadli Zon: Masalah Ini Harus Ditangani Serius
Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. (istimewa)
Minggu, 31 Juli 2016 20:48 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Menyusul kerusuhan bernuansa SARA di Tanjung Balai Sumatera Utara, Wakil Ketua DPR RI, Bidang Politik dan Hukum, Fadli Zon menyampaikan ungkapan keprihatinannya.

Melalui surat elektroniknya kepada Redaksi GoNews.co (GoNews Group), Fadli berharap segera ditemukanya solusi penyelesaianya.

"Saya sangat prihatin atas kerusuhan di Tanjung Balai kemarin, yang dipicu oleh isu bernuansa SARA. Yang terpenting saat ini adalah kerusuhan dapat dihentikan dan tidak meluas sehingga bisa kemudian ditemukan jalan penyelesaiannya," tukasnya.

"Permasalahan bernuansa SARA harus disikapi secara serius. Sehingga perlu kerjasama dari semua unsur, baik pemerintah dan masyarakat, untuk menjaga kerukunan umat beragama," timpal Fadli.

Ads
Menurut politisi Gerindra ini, dari sisi pemerintah, peran aparat berwajib perlu ditingkatkan ketika melihat tanda-tanda akan ada situasi yang tidak kondusif, sehingga konflik tidak dapat meluas.

"Dari sisi masyarakat, perlu dikedepankan sikap saling menghargai dan mengedepankan dialog ketika ada ketidaksepamahaman. Dalam hal ini Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di Sumatera Utara dan khususnya di Tanjung Balai juga harus lebih aktif dalam mengedepankan dan menumbuhkan sikap saling menghargai tersebut di tengah masyarakat," bebernya.

Fadli Zon juga mengharapkan, peristiwa serupa tidak terulang lagi kedepannya."Kita sangat berharap agar peristiwa serupa jangan sampai terjadi kembali kedepannya. Saya mendukung langkah aparat keamanan untuk terus melakukan koordinasi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk mengatasi kerusuhan tersebut," pungkas Fadli. (***)
www www