JAKARTA - Baru saja, sekitar pukul 11.24 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan jajaran menteri baru dalam Kabinet Kerja (reshuffle), Rabu (27/7/2016) siang, di Istana Merdeka Jakarta.

Perombakan tersebut mencakup pergeseran posisi menteri yang sudah ada dalam Kabinet Kerja dan juga masuknya sejumlah nama baru ke dalam kabinet.

Berdasarkan pengumuman tersebut, ternyata ada sembilan wajah baru yang masuk dalam Kabinet Kerja dan empat menteri yang bertukar posisinya. Usai diumumkan, rencananya para menteri baru itu akan langsung dilantik Presiden Jokowi pada pukul 14.00 WIB siang ini di Istana Negara.

Adapun, sembilan wajah baru ini mencakup dua orang yang merupakan representasi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dalam kabinet. Kedua partai itu belakangan menyatakan dukungannya terhadap pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Selama beberapa hari ini, Presiden Jokowi memanggil sejumlah menteri ke Istana Kepresidenan. Presiden Jokowi juga mengeluarkan kebijakan larangan kepada para menteri keluar kota selama satu pekan ini.

Dengan dalih akan ada rapat kabinet paripurna, para menteri diwajibkan bersiaga di Jakarta. Instruksi ini menjadi tanda tanya lantaran baru pertama kali Jokowi melarang para menteri ke luar kota, apalagi hanya untuk alasan pelaksanaan rapat kabinet paripurna.

Pada Selasa (26/7/2016) malam, Presiden Jokowi diketahui memanggil sejumlah menteri secara mendadak ke istana.

Mereka yang diketahui menghadap Sang Presiden adalah Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan.

Selain itu, ada pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Menteri Perindustrian Saleh Husin.

Berikut nama-nama Menteri yang diumumkan Presiden Joko Widodo.

1. Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menggantikan Rizal Ramli

2. Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro menggantikan Sofyan Djalil

3. Menteri ATR, Sofyan Djalil menggantikan Ferry Mursyidan Baldan

4. Kepala BKPM, Thomas Lembong menggantikan Franky Sibarani

5. Menkopolhukam, Wiranto menggantikan Luhut Binsar Panjaitan

6. Menkeu, Sri Mulyani menggantikan Bambang Brodjonegoro

7. Mendes PDTT, Eko Putro Sanjoyo menggantikan Marwan Jafar

8. Menhub, Gusti Karya Sumadi menggantikan Ignasius Jonan

9. Mendikbud, Muhadjir Effendy menggantikan Anies Baswedan

10. Mendag, Enggartisto Lukito menggantikan Thomas Lembong

11. Menperin, Airlangga Hartarto menggantikan Saleh Husein

12. Menteri ESDM, Archandra Tahar menggantikan Sudirman Said

13. MenpanRB, Asman Abnur menggantikan Yuddy Chrisnandi. (***)