Meski Baru 1 Tahun Menjabat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey Banyak Bikin Kejutan dan Gebrakan Baru

Meski Baru 1 Tahun Menjabat Gubernur Sulut, Olly Dondokambey Banyak Bikin Kejutan dan Gebrakan Baru
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey. (istimewa)
Jum'at, 22 Juli 2016 11:33 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Sejak dilantik pada 12 Februari 2016, kinerja Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey sangat mengejutkan dalam beberapa hal. Salah satu gebrakannya adalah soal pembangunan infrastruktur, sebagai contoh adalah pembangunan jalan raya dan jembatan di beberapa titik yang sentral di tanah 'nyiur melambai' semakin berkembang pesat.

Bahkan ruas jalan tol Manado-Bitung yang menjadi jalan bebas hambatan pertama di daerah itu saat ini dibangun dengan begitu cepat. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentu saja optimistis Tol Manado-Bitung pasti sebelum akhir 2018," ujar Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey ketika dihubungi melalui telepon genggam, Jumat (22/07/2016) siang.

Selain infrastruktur, indeks kemiskinan juga menurun secara menakjubkan di daerah tersebut. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, persentase kemiskinan di wilayah perkotaan dan pedesaan di Sulut pada akhir 2015 mencapai 8,98. Saat ini, berdasarkan berita resmi statistik Provinsi Sulawesi Utara No. 50/07/71/Th. X, 18 Juli 2016, ada penurunan persentase kemiskinan sebesar 0,64 poin menjadi 8,34 persen.

Menanggapi hal tersebut, pengamat politik dari Universitas Indonesia Boni Hargens menegaskan bahwa semua kepala daerah dari PDI Perjuangan memang harus menjadi teladan revolusi mental dan Nawacita.

Ads
“Sudah menjadi tugas kepala daerah dari PDI Perjuangan sebagai partai pengusung Jokowi-JK dalam Pilpres lalu untuk memberikan teladan revolusi mental dan semangat Nawacita. Apa yang dilakukan Olly di Sulut adalah teladan yang baik dan harus menjadi contoh bagi kepala daerah lain di seluruh tanah air," ujar Boni.

Pengamat Sosial Karyono Wibowo juga mengatakan hal yang senada. “Tidak hanya Olly, sudah banyak kepala daerah yang sukses dan punya watak mirip Jokowi. Kita sudah kenal Risma di Surabaya, Ganjar di Jawa Tengah atau Ahok di Jakarta. Tapi teladan yang ditunjukkan Gubernur Sulut itu menjadi inspirasi yang baik untuk semua kader partai pendukung pemerintah agar tujuan pokok dari Nawacita itu tercapai," kata Karyono ketika ditemui di sebuah acara diskusi di Jakarta (19/7/2016).

Gebrakan lain yang dilakukan gubernur dari PDI Perjuangan tersebut adalah peningkatan investasi dan pengembangan ekowisata. Berdasarkan catatan dinas social Pemprov Sulawesi Utara, tercatat lebih dari 6.000 turis asing dan investor dari luar negeri yang masuk ke daerah Sulawesi Utara selama musim libur Juni-Juli 2016. Sebagai gerbang Indonesia di Pasifik, Sulawesi Utara adalah wilayah yang strategis. “Kita butuh kepala daerah yang tegas dan punya konsep seperti Olly," lanjut Karyono. (***)
www www