Home >  Berita >  Peristiwa

Geger! Warga Pekanbaru Dikejutkan Suara Dentuman Besar 2 Kali Mirip Bom, Ternyata Ada Pesawat Tempur...

Geger! Warga Pekanbaru Dikejutkan Suara Dentuman Besar 2 Kali Mirip Bom, Ternyata Ada Pesawat Tempur...
Ilustrasi ledakan. (net)
Senin, 18 Juli 2016 15:33 WIB
Penulis: Chairul Hadi
PEKANBARU - Senin (18/7/2016) siang sekitar pukul. 14.50 WIB, sebagian warga Pekanbaru, Provinsi Riau yang sedang beraktivitas tiba-tiba dikagetkan oleh suara dentuman besar sebanyak dua kali. Sebagian beranggapan ini hanya ban meletus, namun ternyata salah.

Informasi yang dirangkum GoRiau.com dari Pangkalan Udara (Lanud) TNI-AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru menjelaskan kalau dentuman ini berasal dari suara pesawat tempur F-16 yang tengah melaksanakan test flight di seputaran langit Kota Pekanbaru.

"Pesawat tempur kita kalau sehabis ganti mesin atau perawatan itu biasanya diirngi uji terbang (test flight). Dicoba sampai batas maksimum kemampuan," jawab Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma Henri Alfiandi kepada GoRiau.com.

"Termasuk dites menembus kecepatan batas suara. Kalau lokasinya di areal zero-zero," sebut Henri. Danlanud pun meminta masyarakat untuk tidak khawatir dan menduga-duga, sebab proses ini uji tes tersebut wajib dilakukan untuk kesiapan AU.

Ads
"Jadi tidak ada masalah apa pun, kita sedang uji terbang saja," yakin Henri menepis praduga dan asumsi, mulai dari pesawat jatuh sampai meledaknya sesuatu yang besar.

Ketika itu, suara dentuman sempat terdengar dua kali dengan jewa sepersekian detik. Bunyinya menggema di tengah-tengah aktivitas warga. "Dua kali, duuuuuum..begitu bunyinya. Saya kira ban meletus, eh di status BBM banyak juga yang dengar," ungkap Oki, warga Pekanbaru. ***
Kategori : Peristiwa
www www