BANDA ACEH - Lusiana (31), turis asal Argentina dilarikan ke rumah sakit setelah kritis terkena baling-baling kapal wisata di kawasan Pantai Iboih dan Pulau Rubia, Kota Sabang, Aceh, Sabtu (16/7) sekitar pukul 12.00 WIB. "Saat itu korban terkena baling-baling kapal di perairan antara Pantai Iboih dan Pulau Rubiah. Korban kritis setelah paha kanannya terkena baling-baling," kata anggota Pos Siaga SAR Sabang, Juli Hermanto di Banda Aceh.

Dikatakannya, kejadian berawal saat korban bersama kawan laki-lakinya sedang menyelam. Ketika korban hendak menaik ke permukaan air, ada kapal melintas di atasnya. Seketika, kepala korban terkena badan kapal dan kaki kanan korban disambar kopeler (baling-baling) kapal.

Melihat korban kritis, teman laki-lakinya bernama Rafael melambaikan tangan meminta tolong kepada wisatawan dan warga sekitar. Tidak lama berselang, korban diselamatkan dan langsung dievakuasi ke rumah sakit di Sabang.

Korban sempat ditangani tim medis di Sabang. Namun, korban akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin, Banda Aceh menggunakan Kapal Motor SAR Krishna didampingi Sea Rider.

Korban tiba di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh, sekitar pukul 16.30 WIB. Dari pelabuhan itu, korban langsung dilarikan ke RSUD Zainal Abidin, Banda Aceh, menggunakan mobil ambulans PMI.

Sementara itu, pantauan di Instalasi Gawat Darurat (IDG), korban Lusiana tampak sadar. Sedangkan teman laki-lakinya menunggu di luar IDG rumah sakit milik Pemerintah Aceh tersebut.