MEDAN -Suasana libur lebaran Idul Fitri tampaknya tak  disia-siakan masyarakat di Kota Medan untuk mengunjungi tempat-tempat rekreasi, salah satunya adalah kolam renang. Akibatnya pengunjung kolam renang meningkat. Pantauan Gosumut.com, Sabtu (9/07/2016)  kolam renang IKIP/Unimed, kolam renang Pertapan di Pasar XII Sei Rotan Deliserdang dan kolam renang Krensi, Jalan Nawi Harahap Seksama Medan Amplas, mulai ramai dikunjungi masyarakat. Untuk kolam renang IKIP/Unimed Medan, pengunjung  di dominasi remaja dari pada keluarga.

Salah seorang penjaga karcis di kolam renang di IKIP/Unimed, Sri mengatakan, jumlah pengunjung pada libur lebaran kali ini meningkat 5 sampai 10 persen dari hari libur biasanya.

"Mungkin, jumlah pengunjung bakal lebih meningkat di liburan akhir lebaran sebelum anak-anak masuk sekolah serentak pada 18 Juli 2016 mendatang," katanya sembari memberikan karcis kepada pengunjung.

Sedangkan untuk harga karcis, dijual bervariasi. Untuk anak-anak/dewasa hari Senin- Sabtu Rp15 ribu orang. Sedangkan pada hari Minggu  Rp20 ribu orang.

Hal senada juga dikatakan salah seorang tukang parkir, Hendrik, dia menyebutkan libur lebaran kali ini  sempat kewalahan menyusun kenderaan pengunjung yang hendak ke kolam renang. "Untuk leburan lebaran kali ini pengunjung agak ramai. Dan saya cukup senang karena banyak omset," ujarnya.

Salah satu pengunjung, Endang mengakui, memilih kolam renang ini karena nyaman dan bersih bagi anak-anak. Selain itu, kolam renang tidak berdesak-desakan dengan pengunjung lainnya. "Kami tiap hari libur meluangkan waktu bersama anak-anak ke kolam renang yang murah dan meriah nyaman dan bersih," ujar Endang.

Dikolam renang IKIP/Unimed ini terdapat tiga kolam yang kedalamannya berbeda-beda, yakni 1 meter,  2,5 meter. Serta terdapat kolam khusus anak-anak. Selain itu, di tempat itu juga ada kamar mandi dan kamar ganti, musholla serta kantin. Kemudian seluruh area kolam renang tersebut diawasi petugas kebersihan. Bagi yang ingin berenang harus memakai baju renang dan tidak boleh membawa makanan dari luar.

Di tempat lain di kolam renang Pertapan di Pasar XII Sei Rotan Deliserdang dan kolam renang Krensi, Jalan Nawi Harahap Seksama Medan Amplas. Di kolam renang Pertapan Pasar XII Percut Sei Tuan Deliserdang misalnya, pengunjung di pada umumnya masyarakat sekitarnya. Sedangkan untuk masyarakat luar yang berkunjung ke kolam renang itu hanya beberapa persen.

"Kita akui tempatnya agak jauh dari Kota Medan. Namun, demikian ada juga masyarakat yang berkreasi ke mari membawa keluarganya. Maklumlah mas, kalau liburan lebaran pasti semua tempat rekreasi ramai dikunjungi, apalagi pantai-pantai," kata  salah seorang pengawas kolam renang, Sutrisno.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, di kolam renang Pertapan ini ada water bom dan papan peluncurnya yang menjadi daya tarik pengunjung. Selain itu, lokasainya pun nyaman, aman dan parkir gratis. "Pokoknya, setiap pengunjung kita berikan yang istimewa sehingga mereka merasakan pelayanan terbaik dari pihak pengelola," tandasnya.