PADANG - Suasana takbiran di Kota Padang terasa sangat berbeda. Selain dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan keluarga serta sejumlah pejabat tinggi negara, juga diikuti antusias oleh ribuan warga di ibukota provinsi Sumatera Barat ini, Selasa (5/7/2016) malam.

Takbiran setelah di Masjid Raya Sumbar kemudian dipusatkan di kediaman gubernur. Pada kesempatan ini terlihat Presiden Jokowi mengenakan sarung dan jas simpel serta berkupiah hitam. Sementara Gubernur Irwan Prayitno dan Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo beserta hadirin lainnya lebih didominasi pakaian putih.

Istimewa pada takbiran di Padang, para petinggi tersebut akan menerima rombongan dari peserta pawai takbiran. Peserta pawai yang terdiri dari masyarakat pada seluruh kecamatan sekota Padang dipimpin langsung oleh camat dan lurah untuk melintasi pelataran Istana Gubernur Sumbar.

Lalu, setiap kecamatan akan mempersembahkan juadah berupa makanan khas masing-masing kepada Presiden, Gubernur dan Walikota serta para pejabat yang duduk di mimbar kehormatan.

Diungkapkan Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Padang Mursalim, pawai takbiran hampir setiap tahun dilakasanakan, namun kali ini lebih istimewa karena kehadiran Presiden.

"Kali ini istimewa, Camat dan rombongan berkesempatan mempersembahkan juadah langsung kepada Bapak Presiden, " katanya. (DU)