LHOKSUKON - Beredarnya isu vaksin palsu di sejumlah daerah belum lama ini membuat masayarakat Aceh Utara, terutama kaum ibu khawatir. Dinas Kesehatan setempat, Senin (4/7/2016) memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di daerah ini.

"Walaupun isunya sampai ke sini (Aceh Utara), tetapi saya bisa memastikan tidak ada vaksin palsu yang sampai ke Aceh Utara. Semua Puskesmas di Aceh Utara menggunakan vaksin asli yang berasal dari Kemenkes," kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Mahrozal kepada GoAceh, Senin (4/7/2016).

Dia menjelaskan, setiap Puskesmas ataupun rumah sakit milik pemerintah selalu menggunakan vaksin asli. Vaksin yang digunakan rumah sakit pemerintah adalah vaksin dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang didapat secara gratis.

Mahrozal menambahkan, semua jenis vaksin yang berasal dari Kemenkes itu asli. Baik itu vaksin polio, campak maupun BCG. Sebab, dalam hal ini, pemerintah menggandeng pabrikan dalam negeri. "Jadi masyarakat tidak perlu khawatir atas beredarnya isu vaksin palsu. Kami jamin vaksin dari Kemenkes itu asli dan aman," ujarnya lagi.

Untuk itu, dia berharap kepada masyarakat di Aceh Utara agar tetap memvaksin anaknya ke Posyandu, Puskesmas atau rumah sakit milik pemerintah.