Home >  Berita >  Peristiwa

'Pacah Talua', Presiden Jokowi Shalat Ied Fitri Perdana di Masjid Raya Sumbar, Serangkaian Persiapan Dilakukan PHBI

Pacah Talua, Presiden Jokowi Shalat Ied Fitri Perdana di Masjid Raya Sumbar, Serangkaian Persiapan Dilakukan PHBI
Suasana shalat di Masjid Raya Sumbar. (Kemenag Sumbar)
Kamis, 30 Juni 2016 08:11 WIB

PADANG - Perdana alias 'pacah talua', Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diagendakan shalat Ied Fitri bersama Ibu Negara Iriana di Masjid Raya Sumatera Barat di Padang. Bila Selama ini pelaksanaan Sholat Idul Fitri di Sumatera Barat di pusat di Halam Kantor Gubenur, namun untuk tahun ini Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Sumatera Barat telah menetapkan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H/2016 M Dilaksanakan di Masjid Raya Sumatera Barat. Dan segala persiapan telah dilakukan dalam beberapa hari terakhir ini.

Hal ini merupakan hasil keputusan Rapat PHBI Provinsi Sumatera Barat yang dilakukan, Rabu (29/6/2016). Hadir dalam rapat Sekretaris Daerah Dr. H. Ali Asmar,MPd. Asisten Pembangunan dan Kesra Drs. H. Syafruddin, Kakanwil Kementrian Agama Provisni Sumbar, utusan Polda, Danrem, Ormas Muhammadiyah, Tarbiyah Islamiayah, serta beberapa SKPD terkait.

Sekdaprov. Ali Asmar selaku ketua PHBI Provinsi Sumatera Barat, disela sela rapat menyampaikan, pelaksanaan Sholat Idul Fitri dilaksanakan Masjid Raya Sumatera Barat. Ini bukan hal baru karena Masjid Raya Sumatera Barat juga telah dipakai untuk pelaksanaan Sholat Idul Fitri beberapa tahun sebelumnya, ketika hujan mendera Kota Padang. Tapi kali ini pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1437 H. tahun ini dipusatkan dihalaman Masjid Raya Sumatera Barat.

Ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan, dan jika hujan kita tinggal pindah saja kedalam bangunan gedung bagian bawah secara maksimal, karena pada bagian atas gedung masih dalam penyempunaan pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat itu sendiri.

Tahun ini juga merupakan tahun istimewa bagi masjid raya Sumatera Barat, jika tidak ada halangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana juga akan melaksanakan sholat Idul Fitri bersama masyarakat Sumatera Barat di masjid Raya ini.

"Tentunya ini menjadi kebanggaan kita bersama, mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik dan sukses," harapnya. (Humas Sumbar)

Ads
Editor : Calva
Kategori : Peristiwa, Gonews Group
www www