JAKARTA- Pariwisata Bojonegoro memang penuh sensasi. Meski hanya bagian kecil dari Provinsi Jawa Timur, Namun Bojonegoro memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa membuat Anda terkesan.

Selain alam, Bojonegoro juga memiliki sejumlah wisata budaya yang kaya dengan berbagai keunikan. "Inilah hebatnya tempat kita, semua daerah punya potensi wisata yang luar biasa,’’ terang Menpar Arief Yahya.

”Jika Anda berlibur Lebaran di Bojonegoro, ada beberapa lokasi yang perlu Anda kunjungi,”ujarnya. Selamat berwisata, selamat berhari raya, Salam #PesonaIndonesia #PesonaLebaranBojonegoro #PesonaKulinerBojonegoro.

1.Waduk Pacal Wadu Pacal merupakan salah satu peninggalan BelAnda di Bojonegoro. Waduk ini dibangun pada tahun 1924 dan mulai diresmikan tahun 1933. Lokasi waduk ini berada di pinggir jalan yang menghubungkan Kabupaten Bojonegoro dan Nganjuk, sekitar 35 km ke arah selatan dari pusat kota Bojonegoro. Dalam perjalanan menuju waduk, Anda akan melewati jalanan yang dipenuhi oleh hutan jati. Jika Anda hobi memancing, maka Waduk Pacal akan jadi tempat yang sangat pas untuk Anda kunjungi

2.Kayangan Api Api Kayangan merupakan salah satu obyek wisata di Bojonegoro yang paling populer. Sumber api yang tidak pernah padam ini berlokasi di desa Sendangharjo, kec. Ngasem, Bojonegoro. Kayang Api ini juga merupakan sumber api terbesar di Asia Tenggara. Masyarakat setempat meyakini, bahwa tempat ini dahulunya adalah tempat membuat pusaka oleh seorang pandai besi berasal dari kerajaan Majapahit bernama Mbah Kriyo Kusumo atau Mpu Supa juga biasa disebut Mbah Pandhe.

3.Air Terjun Krondonan Air Terjun Krondonan berlokasi di Desa Krondonan Kec. Gondang, Bojonegoro. Air terjun ini juga biasa disebut warga sekitar dengan air terjun kedung gupit. Saat perjalanan menuju ke lokasi air terjun, Anda akan melewati hutan jati di kanan kiri jalan setapak. Meski perjalanannya sedikit menguras tenaga, namun rasa lelah selama perjalanan akan terbayar lunas dengan suguhan keindahan alam yang masih alami dengan suara gemericik air di bebatuan sungai.

4.Wisata Wana Tirta Dander Tempat ini merupakan sebuah tempat liburan utama yang dimiliki oleh daerah Bojonegoro sehingga banyak sekali keluarga yang datang untuk berlibur di taman wisata ini. hal ini juga disebabkan wisata Wana Tirta ini memiliki wahana yang lengkap dari kolam renang hingga lapangan golf. Selain itu, Anda juga bisa melihat pesawat tempur F-86 Sabre No. TS-8609 buatan BelAnda yang pernah jatuh di taman wisata ini.

5.Museum Rajekwesi Museum Rajekwesi merupakan museum yang digunakan untuk menyimpan sejumlah fosil purba. Beberapa fosil yang terdapat di musim ini adalah fosil kepala gajah yang memeilki lebar sepanjang 25 meter. Museum ini pada awalnya merupakan kantor biasa yang berguna untuk menampung hasil temuan warga berupa benda benda bersejarah. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan ini kemudian difungsikan sebagai sebuah museum yang hingga sekarang disebut dengan museum Rajekwesi.

6.Klenteng Hok Swie Bio Salah satu lokasi wisata yang ada di Bojonegoro adalah klenteng Hok Swie Bio. Klenteng ini merupakan salah satu tempat untuk berziarah yang sangat terkenal di Bojonegoro. Klenteng ini memiliki ornamen penting berwarna merah termasuk pada kepala naganya. Klenteng ini juga dihiasi dengan bebatuan indah yang dibuat di sepanjang dinging yang menggambarkan bentuk kepala naga.

7.Agrowisata Kebun Belimbing Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro merupakan wisata perkebunan yang berada di Desa Ngeringinrejo, Kec. Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, provinsi Jawa Timur. Buah belimbing di kebun ini berukuran besar sehingga menjadi salah satu produk unggulan dan sekaligus ikon Kabupaten Bojonegoro.

Di agrowisata Kebun Belimbing ini pengunjung dibolehkan memetik buah belimbing dan memakannya secara cuma-cuma alias gratis. Varietas buah belimbing yang dikembangkan adalah belimbing madu.

8. Air Terjun Kedungmaor Air Terjun Kedungmaor merupakan sebuah air terjun yang berada di Desa Kedung Sumber, Kecamatan Temayang, Bojonegoro. Lokasi air terjun ini berada di kawasan hutan RPH (Resort Pemangkuaan Hutan) Tretes, Bojonegoro. Anda bisa mencapai lokasi Air terjun ini sekitar satu jam setengah dengan jarak 40 km dari Kota Bojonegoro ke arah selatan Arah Nganjuk.

9.Masjid Al Birru Pertiwi Masjid Al Birru Pertiwi Bojonegoro merupakan sebuah Masjid berkubah emas yang berlokasi di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kab. Bojonegoro. Masjid Al Birru Pertiwi ini dibangun oleh keluarga besar Santosa dan terletak di pingir jalan raya Bojonegoro - Nganjuk tepatnya 13 KM selatan Kota Bojonegoro.

10.Negeri Atas Angin Selain mempunyai panorama alam yang indah, objek wisata negeri atas angin juga menyimpan cerita atau legenda rakyat yang menarik. Alkisah, dijaman kerajaan dulu kala, ada sebuah peperangan antara Kerajaan Pajang dengan Mataram. Gara-gara peperangan itu, membuat R. Sudjono Puro, R. Atas Aji dan Dewi Sukarsih yang merupakan bangsawan Mataram itu, melarikan diri dan bersembunyi wilayah Negeri Atas Angin itu.

Di sini terdapat sebuah bukit yang dinamai ‘bukit cinta’. Bukit ini akan sangat cocok bagi Anda yang hobi berselvie ria. (*/dnl)