SIBUHUAN - Dinas Koperasi Perindustriandan Perdagangan (Diskoperindagkop) Padang Lawas (Palas) menggelar pasar murah. Kegiatan pasar murah itu sebanyak 5000 paket yang terdiri dari minyak goreng dan gula dipersiapkan untuk masyarakat miskin.

Bagi masyarakat kurang mampu mendapatkan paket semboko dengan harga terjangkau. Paket semboko itu dikemas dalam bentuk sachet berupa 2 kilogramn gula pasir ditambah 2 Liter minyak goreng dengan harga Rp 35. 000 perpaket.

Waktu pelaksanaan operasi Pasar murah disesuaikan dengan hari pekan di masing-masing kecamatan, sehingga pada saat mengambil paket tersebut, masyarakat miskin juga bisa sekalian berbelanja dipasar.

Sebelum paket itu dibagikan masyarakat menunjukkan kupon yang telah disebarkan pihak Kecamatan ke petugas. Dan 1 kupon mendapat 1 paket sesuai dengan ketentuan dan aturan yang telah ditetapkan Kata Kabid Perdagangan Drs Dingin Rambe kepada GoSumut di Sibuhuan, Senin (20/6/2016).

Dikatakan, pasar murah bertujuan membantu masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan kebutuhan sembako menjelang Hari Raya Idul Fitri, dengan tiap paketnya kita jual seharga Rp. 35 ribu.

“Kegiatan Pasar Murah juga bertujuan untuk menstabilkan harga di pasaran sehingga wajar dan logis ditentukan para pedagang. Mereka (pedagang, red) diinstruksikan untuk tidak semena-mena menaikkan harga khususnya pada saat pelaksanaan operasi pasar murah berlangsung,” ungkap Rambe.

Selain itu, tujuan yang paling utama Kata Dingin merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Palas terhadap masyarakat miskin. Dan bila dibandingkan dengan harga di pasaran mereka (masyarakat miskin, red) mendapatkan keuntungan 50 persen dari pembelian paket tersebut.

Lebih dari itu, Rambe juga mengatakan setelah di Kecamatan Barumun Selanjutnya, Selasa (21/6) pasar murah dilaksanakan di dua lokasi yakni di halaman Kantor Camat Aek Nabara Barumun sebanyak 500 paket sembako dan di Pasar Sosopan Kecamatan Sosopan 400 paket. Terakhir, Kamis (23/6), Pasar murah di Pasar Latong Kecamatan Lubuk Barumun, jumlah paket yang akan dijual sebanyak 400 paket. ***