Kawanan Gajah Liar Serbu Perkebunan, Warga hanya Bisa Pasrah

Kawanan Gajah Liar Serbu Perkebunan, Warga hanya Bisa Pasrah
Petugas CRU Serba Jadi Aceh Timur, berpatroli mengawasi gajah liar. [antara]
Minggu, 19 Juni 2016 17:15 WIB
Penulis: Isma

IDI Warga Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur dibuat resah oleh gangguan gajah liar. Tak hanya memasuki perkampungan, kawanan gajah liar yang mencapai sepuluh ekor inii juga merusak tanaman warga setempat. 

“Sudah lama kawanan gajah liar tidak kelihatan di daerah ini,  namun dalam beberapa hari ini sedikitnya sepuluh ekor gajah mulai terlihat kembali. Gajah-gajah  menghancurkan tanaman warga di sini, “ kata Keuchik Desa Seumanah Jaya, Jusman,  pada GoAceh, Minggu (19/4/2016) sore. 

Menurutnya, serangan kawanan gajah liar di Gampong Seumanah Jaya merupakan peristiwa rutin. Akibatnya, puluhan bahkan ratusan hektare kebun warga rusak diamuk binatang berbadan besar itu. 

“Kali ini terlihat hanya sepuluh ekor gajah, biasanya paling sedikit sampai dua puluh ekor. Kawanan gajah sudah pasti merusak tanaman di kebun. kami tak bis aberbuat apa-apa," kata Usman, (45) warga Peureulak yang sering berkebun ke Gampong Seumanah Jaya. 

Ads
Meski pemerintah telah membangun Conservation Response Unit (CRU) di Desa Bunien Serbajadi, namun belum maksimal dalam menangani gajah liar yang masuk ke kebun warga di daerah itu. 

Editor : TAM
Kategori : Gonews Group, Umum
www www