JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) akan mulai mengoperasikan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno - Hatta, Tangerang, pada Senin (20/6/2016) pekan depan. Terminal termegah di seantero negeri ini menghabiskan dana sebesar Rp.7 triliun.

Bandara dengan beragam fasilitas megah dan diklaim mampu menyaingi Bandara Changi Singapura ini, ditaregekan bisa melayani pemudik Hari Raya Idul Fitri. Berbagai sistem teknologi canggih mendukung operasional terminal sepanjang 1,2 kilometer dan luas bangunan 423 ribu‎ meter persegi tersebut.

Kementerian Perhubungan memberi tolerasi waktu kepada Angkasa Pura II untuk merampungkan pengerjaan Terminal 3 Ultimate hingga Kamis besok (16/6).  Pihak Kemenhub telah meninjau kesiapan tiga komponen penting terminal ini, yakni aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan, yang menjadi komponen dasar operasional bandar udara.

Terminal 3 Ultimate ini memiliki 28 gate, yang melayani penerbangan domestik dan internasional. Terminal ini mampu menampung maksimal 25 juta penumpang per tahun.