PEKANBARU - Tidak hanya berjalan kaki keliling kampung demi mengajari masyarakat baca tulis, Bripka Suryawan Fadlin, anggota Bhabinkamtibmas Polsek Simpang Gaung, Desa Kuala Gaung Kabupaten Inhil, Provinsi Riau ternyata juga mengajarkan kalangan remaja untuk mengenal tekhnologi. Caranya, Suryawan mengenalkan warga dengan yang namanya tekhnologi komputer. Itu dia lakukan untuk mengantisipasi kenakalan remaja di desa tempatnya bertugas. "Iya, setiap malam minggu. Kita pakai bangunan pertemuan desa. Semua kumpul di situ," kata Suryawan.

Upaya pak polisi baik hati ini ternyata ampuh menarik minat mereka. Tercatat Suryawan kini sudah punya murid hingga 120 orang. "Pakai laptop saya, kebetulan ada empat unit, ada satu unit PC juga. Jadi bergantian satu-satu," sebutnya saat berbincang dengan GoRiau.com.

Agar mudah dicerna, sambung Suryawan, dirinya harus menterjemahkan bahasa IT menjadi bahasa yang dapat dicerna warga. "Itu kesulitannya. Saya akali, bahasa IT diganti bahasa lapangan (bahasa warga, red), jadi mudah diserap dan dimengerti," imbuhnya, Rabu (15/6/2016).

Lagi-lagi ilmu pengetahuan yang ia berikan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias cuma-cuma. Itu membuat remaja desa semakin antusias mengikuti pelajaran. Alasannya sederhana, karena Suryawan melihat banyak orang kampungnya yang tidak mengerti tekhnologi.

Materi yang diajarkan juga tidak muluk-muluk, mulai dari pengenalan perangkat, penginstalan komputer, adobe Photoshop, editing video, corel draw dan sebagainya. "Mereka (remaja) sangat antusias. Semakin hari semakin ramai. Saya sangat senang karena bisa membagi ilmu sambil belajar lagi," ucapnya.

"Harapannya agar masyarakat desa cerdas dan berwawasan luas walau kami jauh di pelosok hutan. Jadi ya sambil mengisi waktu, ada interaksi positif juga," tutup Bripka Suryawan sambil tersenyum. ***